Sang Penghibur

Kata Alkitab / 16 December 2009

Kalangan Sendiri

Sang Penghibur

Budhi Marpaung Official Writer
8758

Pernahkah Anda merasakan kesedihan? Jawabannnya pasti karena semua manusia mengalami masa-masa dimana dia akan mengeluarkan air mata atau hati mereka terasa seperti begitu mendayu-dayu seperti lagu-lagu cinta yang dibuat oleh Richard Marx atau Rinto Harahap. Namun, di sisi lain, pernahkah ada orang yang datang kepada Anda saat itu memberikan penghiburan dan bagaimanakah perasaan Anda? secara pribadi, walaupun tidak sering tetapi terkadang ada saja orang yang membuat keceriaan di saat sedih dan tentu saja perasaan saya ketika itu begitu terhibur juga.

Dalam kehidupan rohani, kita pun memiliki seorang penghibur. Penghibur yang tidak dapat kita lihat secara kasat mata, tetapi dapat dirasakan kehadirannya. Dia bukanlah imajinasi karena Dia berasal dari Allah atau karangan cerita orang-orang dahulu yang masih sangat mempercayai takhayul. Pribadi itu bernama Roh Kudus.

Di dalam Alkitab perjanjian baru dituliskan disana bahwa Yesus sebelum naik ke Surga telah menjanjikan pribadi yang akan menjadi penghibur mereka. Dia tidak terbatas ruang dan waktu serta Dia akan selalu menyertai kemana pun mereka melangkah. Awalnya para murid tidak terlalu percaya dengan perkataan Yesus, tetapi ketika waktu itu tiba, mereka begitu bersukacita. Roh Kudus sekarang ada dalam hidup mereka.

Walaupun, Roh Kudus merupakan Sang Penghibur, tetapi Dia bukan berarti hanya sekedar memberikan kata-kata kekuatan agar manusia tidak lemah atau memberikan janji-janji kekuatan sehingga anak-anakNya di dunia ini tetap bisa menjalani hidup. Bukan, bukan hanya itu peran Roh Kudus. Ada 5 hal yang Roh Kudus kerjakan dalam hidup orang-orang percaya sebagai Sang Penghibur:

1. Roh Kudus Memuliakan Yesus Kristus. Hal ini sangat jelas karena sebelum Yesus pergi meninggalkan dunia ini, Dia berkata kepada murid-muridNya begini, "Ia (sang Penghibur) akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya kepada-Ku" (Yohanes 16:14). Roh Kudus ada dalam hidup manusia bukan untuk memuliakan orang tersebut, tetapi anak Allah yakni Yesus Kristus.

2. Roh Kudus Mengajarkan Firman Kepada Kita. Yesus berkata, "Tetapi, apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran. Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran" (Yohanes 16:13). Karena Roh Kudus adalah Allah maka Dia tidak bisa terpisahkan dnegan Firman-Nya jadi saat Dia tinggal dalam hati manusia maka Firman itulah yang akan dikatakan kepada orang itu.

3. Roh Kudus Menolong Kita Ketika Kita Berdoa. Paulus menuliskan dalam salah satu suratnya kepada jemaat di Roma seperti ini, "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus." Ketika kita berdoa, Roh Kudus mengambil permohonan kita dan menyesuaikannya dengan kehendak Allah. Dia mengetahui secara jelas kehendak Allah bagi hidup Anda.

4. Roh Kudus Memberi Kuasa Kepada Kita Untuk Bersaksi. Sebagai para pengikut Kristus, tugas kita jelas di dunia ini yakni menjadi saksi-saksinya Kristus di dunia ini. Namun, Allah mengerti bahwa itu tidak akan berjalan tanpa ada satu pribadi yang memberikan pertolongan. Roh Kudus ada di dalam hidup Anda untuk memberikan kekuatan atau kuasa ketika Anda berbicara kepada orang-orang di sekitar Anda mengenai Raja di atas segala raja yakni Yesus Kristus yang adalah sang Juruselamat dunia.

5. Roh Kudus Menghasilkan Buah-Nya Dalam Hidup Kita. Paulus menulis, "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri" (Galatia 5:22-23). Roh Kudus tinggal dalam diri manusia agar mereka memiliki berkat-berkat ini - berkat yang hanya ada bila kita mempersilahkan Roh Kudus masuk dan berdaulat atas hidup kita.

Memiliki Roh Kudus adalah sebuah anugerah dari Allah yang tiada bandingannya. Dunia pasti memberikan Anda kesedihan, tetapi Roh Kudus yang sudah ada dalam hidup kita pasti memberikan sukacita yang terlebih besar dari semuanya itu.

Oleh: Lonely People; Warren W.Wiersbe; Penerbit Andi

Halaman :
1

Ikuti Kami