Vatikan Mengundang Tokoh-tokoh Seni

Nasional / 15 December 2009

Kalangan Sendiri

Vatikan Mengundang Tokoh-tokoh Seni

Tammy Official Writer
2394
Paus Benediktus telah mengundang sejumlah seniman, pematung, arsitek, musisi, sutradara film dan penari balet Italia untuk bertemu di Vatikan. Pertemuan tersebut berlangsung di Kapel Sistine - kapel yang terkenal dengan lukisan Michelangelo di langit-langit kapel - menandai terjadinya dialog baru antara Gereja Katolik dengan dunia seni.

Mereka yang datang dan hadir antara lain Anish Kapoor, yang terkenal dengan karya instalasi raksasanya serta Zaha Hadid, seorang arsitek Inggris berdarah Irak yang merancang atap berbentuk ombak untuk stadium renang Olimpiade 2012.

Hadir pula Daniel Libeskind, seorang warga AS asal Polandia, yang merancang rekonstruksi World Trade Centre yang hancur dalam serangan 11 September. Serta F. Murray Abraham, seorang aktor Amerika keturunan Suriah yang meraih Oscar untuk aktor terbaik atas perannya sebagai Salieri dalam film tentang Mozart produksi tahun 1985 berjudul Amadeus.

Andrea BocelliDan dari pertemuan tersebut, jumlah seniman Italia yang hadir tampaknya masih kalah banyak dibandingkan warga asing. Para seniman Italia yang hadir antara lain pematung Arnaldo Pomodoro, komposer musik film Ennio Morricone, serta bintang opera Andrea Bocelli.

Vatikan memang dekat dengan seni. Bisa dilihat di setiap seni arsitek bangunan-bangunan di Vatikan. Ditambah lagi dengan bukti sejarah bagaimana Vatikan kerap mengajak seniman-seniman berbakat dalam setiap pembangunan gedung gereja, ataupun lukisan-lukisan bersejarah.

Sumber : bbcindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami