Kemangi Sangat Efektif Usir Radang Sendi

Gizi & Nutrisi / 14 December 2009

Kalangan Sendiri

Kemangi Sangat Efektif Usir Radang Sendi

Daniel Official Writer
7446

Kemangi yang biasanya melengkapi lalapan dan sebagai bumbu pepes ternyata  mengandung antiperadangan kuat yang efektif meredakan sakit pada persendian. Ini merupakan temuan baru dari British Pharmaceutical Conference di Manchester. Jenis dedaunan ini memiliki aroma khas yang berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya sehingga akan menambah aroma sedap pada makanan. 

Dari ekstrak dua jenis kemangi (Ocimum americanum dan Ocimum tenuiflorum) terbukti bisa mengurangi peradangan di persendian hingga 73%, hanya dalam waktu 24 jam sehingga kemangi dapat mengantikan obat antiradang yang biasa digunakan secara luas, diclofenac. Kemangi tidak menimbulkan efek samping berupa iritasi usus dan lambung serta rasa sakit dan sensasi terbakar di lambung. Gejala-gejala ini sering menjadi masalah yang  serius bagi  penderita radang sendi yang menggunakan obat-obatan pereda rasa sakit setiap harinya.

Air rebusan kemangi atau salad kemangi segar telah lama digunakan untuk mengatasi peradangan, mulai dari bronkitis dan asma  hingga penyakit kulit dan radang sendi.  Ini disebabkan oleh Eugenol, minyak sumber aroma kemangi yang merupakan molekul aktif antiperadangan.

Sumber : mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami