Mari Kita Hargai Peneliti Dalam Negeri

Nasional / 13 December 2009

Kalangan Sendiri

Mari Kita Hargai Peneliti Dalam Negeri

Tammy Official Writer
2466
Penghargaan masyarakat terhadap peneliti di dalam negeri dapat dibilang rasanya masih kurang gaungnya. Lebih sering, media menyorot kesuksesan-kesuksesan peneliti yang berada di luar negeri. "Padahal, bukan berarti peneliti yang tetap bekerja di dalam negeri tidak diakui di tingkat internasional. Justru mereka punya dedikasi tinggi sehingga rela bekerja dengan sarana dan kesejahteraan yang terbilang minim," kata Wakil Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lukman Hakim.

Dengan apresiasi terhadap peneliti dalam negeri, diharapkan timbul suasana yang mendukung penelitian. Sayangnya, masyarakat dan media massa Indonesia cenderung beri penghargaan lebih pada peneliti yang bekerja di luar negeri. "Bangsa kita itu baru menghargai kalau orang itu sudah dihargai orang asing dulu," tambah Lukman.

Saat ini di Indonesia terdapat sekitar 7.900 peneliti di lembaga penelitian dan lebih kurang 80.000 peneliti di perguruan tinggi. Dan mereka rata-rata mempunyai kemampuan sesuai standar internasional.

Peneliti Dalam NegeriLukman berpendapat, penelitian di Indonesia kurang berkembang dikarenakan masih minimnya alokasi dana. Tahun ini, dana penelitian Indonesia hanya kurang dari Rp 3 triliun atau hanya sekitar 0,05 persen dari total gross domestic product (GDP) Indonesia. Padahal menurut perhitungan UNESCO, disyaratkan dana penelitian untuk negera berkembang minimal satu persen dari GDP negara bersangkutan. Maka sesuai ketentuan tersebut, seharusnya dana penelitian di Indonesia dikucurkan hingga Rp 37 triliun.


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami