Cahaya Misterius Penuhi Langit Norwegia

Nasional / 10 December 2009

Kalangan Sendiri

Cahaya Misterius Penuhi Langit Norwegia

Lestari99 Official Writer
4749

Sebuah cahaya misterius memenuhi langit Norwegia pagi tadi. Cahaya putih berbentuk spiral itu terlihat berputar dan berpusat pada benda langit seperti bulan yang bersinar terang. Juga tampak ekor cahaya berwarna biru yang terlihat dari cahaya spiral tersebut. Fenomena langit yang langka ini berlangsung sekitar dua menit.

Penampakan cahaya misterius ini mengagetkan berbagai kalangan. Berbagai spekulasi pun beredar baik dari kalangan ilmuwan maupun militer. Ada yang menyebutnya sebagai rudal Rusia yang salah tembak, lingkaran api meteor, "lubang hitam" bahkan sampai kegiatan makhluk luar angkasa (alien). Karena memang cahaya menakjubkan itu terlihat hingga jarak ratusan mil. Dalam waktu singkat ribuan warga Norwegia menelepon Institut Meteorologi untuk menanyakan benda apakah itu.

Fenomena cahaya spiral menakjubkan itu disebut ‘Star-gate' oleh para ilmuwan Norwegia. Sampai saat ini belum satu pun yang tahu pasti cahaya itu berasal darimana. Bahkan astronom terkenal Norwegia, Knut Jorgen Roed Odegaard mengatakan belum pernah melihat fenomena cahaya seperti itu sebelumnya. Karena cahaya spiral tersebut terlihat di atas area negeri yang sangat luas, di seluruh Norwegia utara dan Trondelag.

"Awalnya saya berpikir itu bola api meteor, namun itu berlangsung terlalu lama," ujarnya. "Mungkin saja cahaya itu merupakan rudal dari Rusia, namun saya juga tak bisa menjamin hal itu," ujarnya.

Pihak militer Rusia sendiri telah membantah isu tersebut. Kepala Ilmuwan di Pusat Angkasa Norwegia, Dr Erik Tandberg mengaku sangat terkagum-kagum dengan penampakan cahaya spiral tersebut. Walaupun ia sendiri setuju dengan pakar lainnya bahwa pola spiral seperti itu mungkin saja disebabkan oleh sebuah rudal dari Rusia.

"Saya setuju dengan semua orang di komunitas sains bahwa cahaya ini adalah hal yang paling aneh. Saya belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya," tandasnya.

Apakah fenomena cahaya misterius ini akan tetap menjadi misteri sama halnya dengan kejadian alam lainnya yang berhubungan dengan luar angkasa? Kita tunggu saja hasilnya.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami