Barack Obama Terima Hadiah Nobel Perdamaian

Nasional / 10 December 2009

Kalangan Sendiri

Barack Obama Terima Hadiah Nobel Perdamaian

Puji Astuti Official Writer
2891

Presiden Obama dan istrinya Michelle Obama tiba di Norwegia pada Rabu (9/12) untuk menerima hadiah Nobel Perdamaian 2009. Barack Obama berada di Norwegia selama 26 jam dengan jadwal yang sangat padat. Pada siang hari dia bertemu dengan raja dan ratu Norwegia, menghadiri penyerahan nobel dan juga menghadiri jamuan makan malam bersama perdana menteri, keluarga kerajaan dan 250 undangan khusus.

Dengan menerima hadiah Nobel Perdamaian ini, Presiden Obama juga akan menerima hadiah uang sebesar 1.4 juta dolar, medali emas dan piagam penghargaan.

Setibanya di Norwegia, kunjungan Obama diawali ke Nobel Institute dan bertemu untuk pertama kalinya lima orang anggota panel nobel yang memilihnya sebagai penerima nobel, demikian terang Mette Owre, Menteri Luar Negeri Norwegia.

Sebelum upacara pemberian hadiah Presiden Obama dan Michelle Obama bertemu dengan Raja Norwegia Harald V dan Ratu Sonja.

Obama masuk nominasi Nobel Perdamaian pada 1 Februari 2009, hanya 12 hari setelah dia menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang apa yang telah dicapai oleh Obama. Namun anggota panel pemilihan nobel mengatakan bahwa Obama telah memberikan dampak melalui upayanya melakukan dialog dalam penyelesaian masalah global, termasuk kerjasama dalam pemusnahan senjata nuklir. Kemenangan Obama meraih hadiah Nobel Perdamaian ini diumumkan pada 9 Oktober lalu.

Selamat untuk Barack Obama, teruskan apa yang Anda kerjakan untuk memberi dampak positif bagi seluruh dunia.

Sumber : CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami