Kembang Api Berujung Maut

Nasional / 7 December 2009

Kalangan Sendiri

Kembang Api Berujung Maut

Lestari99 Official Writer
3147

Sepertinya orang Rusia harus kembali belajar bagaimana merayakan moment spesial dengan cara yang aman. Apalagi hal tersebut dilakukan oleh sebuah klub malam yang menjadi tempat umum di salah satu kota terbesar di Rusia. Klub malam yang bernama Lame Horse dan terletak di kota Perm, Rusia, sedang merayakan ulang tahunnya yang kedelapan.

Kebodohan yang mereka lakukan adalah menyalakan kembang api di dalam ruangan. Akibatnya, ledakan pun terjadi. Api dengan cepat menyambar ketika salah satu kembang api menyambar atap plastik dan menyebar dalam hitungan detik. Para pengunjung pun seketika panik dan banyak di antara mereka yang terbakar, terinjak-injak dan keracunan asap. Korbannya pun tak tanggung-tanggung, 101 orang dilaporkan meninggal dalam peristiwa ini.

Beberapa saksi mata menceritakan bagaimana bola api berjatuhan dari atap, lalu asap menyelimuti seantero ruangan. Api dengan cepat bergerak di sepanjang atap. Kebakaran terjadi sekitar pukul 23.15 waktu setempat. Bahkan saluran televisi milik pemerintah Vesti-24 menayangkan tumpukan mayat di luar klub malam tersebut.

Pihak berwenang Rusia memastikan bahwa hal ini bukan serangan teroris namun hanyalah masalah kelalaian dalam mengikuti aturan keamanan.  Karena kembang api yang dipergunakan di pesta tersebut seharusnya hanya digunakan di ruangan terbuka bukan di ruang tertutup seperti klub malam tersebut. Pemerintah Rusia pun membentuk satu komisi khusus untuk menyelidiki peristiwa ini.

Pesta kembang api berujung maut, kata ini mungkin tepat untuk menggambarkan tragedi yang terjadi di klub malam Lame Horse. Apalagi ratusan warga Rusia dilaporkan tewas setiap tahunnya karena peristiwa serupa.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami