6 Penyebab Utama Serangan Jantung

6 Penyebab Utama Serangan Jantung

Puji Astuti Official Writer
4158

Dokter Arthur Agatston, MD, seorang profesor kedokteran di University of Miami Miller School of Medicine selalu menanyakan bagaimana perjalanan pasiennya ke rumah sakit di mana ia praktek. "Bagaimana lalu lintas?" demikian ia bertanya. Itu bukan hanya  pertanyaan basa-basi. Terjebak dalam lalu lintas meningkatkan tekanan darah dan resiko serangan jantung hingga tiga kali lipat. Jadi jika seorang pasien mengalami kemacetan dalam perjalanannya maka tekanan darahnya meningkat, jadi dia akan memeriksanya lagi nanti.

Namun selain jalanan yang macet ada hal-hal serius lain yang bias memicu serangan jantung secara dramatis. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki sejarah masalah jantung, inilah kapan Anda harus waspada:

Pertama di pagi hari

Risiko serangan jantung meningkat 40% di pagi hari, demikian perkiraan para peneliti Harvard. Mengapa? Ketika Anda terbangun, tubuh Anda mengeluarkan adrenalin dan hormon stres lainnya, meningkatkan tekanan darah dan permintaan oksigen. Darah Anda juga mengalami tekanan yang lebih keras dan kuat sehingga memicu dehidrasi. Semua ini membebani jantung. Lindungi diri Anda sendiri: bangunlah lebih awal sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk dapat bangun secara perlahan-lahan. Jika Anda senang berolahraga pagi, lakukan pemanasan secara menyeluruh agar tidak menambah stres tambahan pada jantung.

Pada hari Senin pagi

Dua puluh persen lebih serangan jantung terjadi pada hari Senin, mungkin karena banyak orang stres dan tertekan ketika harus kembali bekerja. Lindungilah diri sendiri: Santailah pada hari Minggu, tetapi cobalah untuk tidak banyak tidur. Bangun pagi-pagi pada hari Senin setelah tidur lebih malam di hari Sabtu dan Minggu dapat meningkatkan tekanan darah. Cobalah untuk mempertahankan jam tidur yang teratur / jadwal bangun sepanjang minggu.

Di podium

Dari perspektif jantung, berbicara di depan umum mirip dengan latihan olahraga yang tiba-tiba. Rasa gugup yang ekstrim menaikkan tekanan darah, denyut jantung, dan tingkat adrenalin, yang semuanya dapat membuat memicu serangan jantung.

Cara melindungi diri dari hal ini: Untuk mengatasi efek ini, beberapa pasien saya mengambil betablocker sebelum bicara, terbang, atau melakukan sesuatu yang membuat mereka terlalu cemas.

Setelah makan makanan yang mengandung korbohidrat dan lemak tinggi
Studi menunjukkan makanan ini menyempitkan pembuluh darah, membuat darah lebih rentan dan menggumpal.

Cara melindungi diri Anda: Jika Anda ingin memanjakan diri Anda, jaga porsi makan Anda. Aspirin harian juga akan membantu mencegah penggumpalan darah.

Selama buang air besar

Saat mengejan tekanan di dada meningkat, memperlambat kembalinya darah ke jantung. Lindungi diri Anda sendiri: Makan banyak serat, minum yang cukup, dan hindari rasa tegang.

Tidak siap dengan olahraga berat

Sebagai contoh di Amerika sering terjadi serangan jantung ketika sedang menyekop salju. Serangan jantung terjadi karena korban tidak terbiasa dengan tekanan pekerjaan yang berat dan hormon stres meroket, menyebabkan tekanan darah dan detak jantung melompat tinggi.

Lindungi diri Anda sendiri: Olahraga teratur melindungi jantung Anda. Tapi tingkatkan intensitas secara bertahap.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami