Manfaat Sehat Dari Rempah-Rempah

Gizi & Nutrisi / 6 December 2009

Kalangan Sendiri

Manfaat Sehat Dari Rempah-Rempah

Daniel Official Writer
5484

Pengunaan rempah-rempah merupakan cara mudah menambah rasa pada makanan tanpa menimbun banyak kalori. Selain itu, rempah-rempah dapur kaya akan manfaat sehat. Namun, banyak orang yang tidak tahu cara menggunakannya. Berikut beberapa manfaat rempah yang mudah digunakan dan bisa Anda variasikan dengan resep makanan lainnya.

1. Kemangi

Manfaat sehat: Mengandung antiperadangan dan antibakteri. Selain itu juga kaya akan magnesium.

Cara menggunakan: Perasa makanan satu ini bisa dipadukan dengan pesto, daging putih, dicampur dengan buah seperti strawberry atau tambahkan saja dengan tumisan. Jangan lupa menambahkannya saat hampir selesai memasak agar tidak merusak rasa.

2. Cabai merah

Manfaat sehat: Bekerja sebagai pereda rasa sakit alami, mengandung vitamin A dan berfungsi juga menurunkan kolesterol.

Cara menggunakan: Cabai tentunya bukan bumbu yang asing dalam menu masakan sehari-hari. Rasa pedasnya cocok juga dipadukan dengan saus berbahan dasar cuka, serta cocok dipadukan dengan berbagai jenis daging.

3. Dill

Manfaat sehat: Mengandung besi dan kalsium. Selain itu, kandungan minyaknya juga membantu menetralkan karsinogen.

Cara menggunakan: Herbal beraroma wangi ini sangat cocok dipadukan dengan salmon, rebusan atau dipadukan dengan sayuran (khususnya wortel dan ketimun), bahkan bisa juga ditambahkan ke yogurt.

4. Ketumbar

Manfaat sehat: Membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol dan produksi radikal bebas.

Cara menggunakan: Bumbu satu ini cocok dicampur ke dalam sup, ikan, dan daging asap seperti ayam. Bumbu ini bisa dihaluskan bersamaan dengan jintan.

5. Rosemary

Manfaat sehat: Mengandung serat, besi, dan kalsium. Herbal satu ini juga memperlancar sirkulasi darah dan pencernaan.

Cara menggunakan: Rasa khas rosemary cocok dipadukan dnegan berbagai jenis daging panggang (seperti ayam dan salmon) atau dicampur ke dalam saus untuk memperkaya rasa. Selain itu juga bisa dicampur dengan tomat, bayam, dan jamur.

6. Sage

Manfaat sehat: Mengandung asam yang berfungsi sebagia antioksidan. Selain itu, hasil studi juga menunjukkan kalau sage bisa memperkuat daya ingat.

Cara menggunakan: Dengan rasa yang agak pedas, sage cocok dipadukan dengan buah dan sayuran manis seperti apel dan labu, tapi bisa juga menambah rasa pada sosis dan berbagai jenis keju. Rasa sage juga tidak akan berkurang meski dimasak dalam waktu lama.

7. Kunyit

Manfaat sehat: Sumber mangan, besi dan vitamin B6. Bumbu satu ini juga bisa membantu meredakan radang sendi.

Cara menggunakan: bumbu berwarna kuning cerah ini umumnya digunakan dalam membuat kari, tapi bisa juga ditambahkan ke dalam berbagai jenis sayur kuah atau nasi.

8. Seledri

Manfaat sehat: Seledri mengandung vitamin K, C, A dan folat yang bagus untuk jantung.

Cara menggunakan: Bumbu serbaguna ini cocok dipadukan dengan pasta, ditaburkan di atas ikan atau ayam, sup, atau dicampur dengan kentang.

Sumber : mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami