Alasan Olahraga Dapat Perlambat Penuaan

Solusi Sehat / 5 December 2009

Kalangan Sendiri

Alasan Olahraga Dapat Perlambat Penuaan

Tammy Official Writer
3793
\"OlahragaOrang-orang yang gemar berolahraga diketahui lebih sehat meskipun usia mereka bertambah. Dan sekarang, ada penelitian terbaru yang berhasil membuka misteri mengapa hal tersebut terjadi.

Melalui perbandingan yang dilakukan terhadap pelari dengan orang yang jarang olahraga didapati bahwa di bawah mikroskop, sel-sel para pelari tersebut terlihat jauh lebih muda dibanding orang yang tak berolahraga.

Secara spesifik, para peneliti menilai panjang telomer, bagian dari sel yang memengaruhi cepat atau lambatnya proses penuaan kita. Setiap kali sel membelah diri, telomer akan memendek. Bila telomer terlalu pendek, sel tak akan lagi bisa membelah diri dan mati. Ini berarti proses penuaan makin cepat terjadi.

Pada studi yang dilakukan para ilmuwan dari Jerman terhadap mencit yang berlari dalam roda menunjukkan adanya penambahan protein telomer. Hal ini bisa mencegah kematian sel. Sementara itu pada studi terhadap manusia, yakni para atlet berusia sekitar 30 tahun yang rutin berlari sejauh 50 mil setiap minggu, diketahui bahwa mereka memiliki telomer yang panjang.

Nah, tak heran jika para atlet tersebut memiliki tekanan darah yang rendah, lemak tubuh lebih sedikit, dan detak jantung lebih stabil.

Disimpulkan bahwa panjang-pendeknya telomer berkaitan dengan tingkat aktivitas fisik. Orang yang rajin berolahraga memiliki usia telomer 10 tahun lebih muda daripada orang yang tidak berolahraga.

Ingin panjang umur? Rajin berolahragalah...


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami