Jangan Berinvestasi Demi Emas

Investment / 5 December 2009

Kalangan Sendiri

Jangan Berinvestasi Demi Emas

Budhi Marpaung Official Writer
2447

Menjadi seorang wirausahawan/investor yang hebat adalah keinginan setiap orang yang terjun dalam bidang usaha/investasi. Bohong besar bila ada seorang yang keluar dari pekerjaan rutinitas di kantornya dan mengambil keputusan untuk membangun usaha sendiri tanpa memimpikan ada hal yang indah yang akan diraihnya nanti. Namun, untuk berada dalam posisi tersebut, Anda memerlukan membutuhkan arahan yang tepat.

Leslie Meyer, seorang dosen senior di Wharton School dan penasihat pribadi beberapa CEO terkemuka di Amerika Serikat, mengatakan seperti ini: "berfokuslah pada janji, bukan pada imbalannya." Dengan kata lain, imbalan akan datang dengan sendirinya jika Anda berfokus pada bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Jika yang Anda kejar adalah uang/emas, Anda akan selalu meleset.

Anda pasti tidak asing lagi dengan nama-nama seperti Warren Buffet dan Donald Trump. Bila Anda membaca buku-buku mengenai pemikiran kedua orang kaya ini, mengumpulkan uang dalam jumlah yang banyak bukanlah prioritas hidup mereka. Menurut Buffet maupun Trump, uang tidak akan pernah bisa membahagiakan kehidupan mereka. Sebuah perspektif yang diikuti oleh sebagian besar orang-orang kaya di dunia ini.

Beberapa tahun yang lalu, Warren Buffet membuat kejutan ketika ia memberikan kekayaannya, tiga puluh juta miliar dollar Amerika Serikat kepada Yayasan Bill dan Melinda Gates. Meskipun ia juga memberikan uang dalam jumlah yang cukup besar ke yayasan amal yang dipimpin anak-anaknya, ia menunjukkan maksudnya dengan mengatakan bahwa ia dengan sengaja tidak mewariskan segudang uang kepada anak-anaknya. "Menurut Anda apa yang akan dilakukan anak-anak saya jika saya beri mereka masing-masing semiliar dollar?" tanyanya. "Mereka tidak akan harus bekerja atau berpikir lagi. Itu akan merusak mereka."

Anda mungkin berfantasi tentang betapa menakjubkannya mendapat warisan kekayaan yang melimpah, dan tak pernah harus khawatir kekurangan uang. Namun, hal terbaik adalah justru ketika Anda mencapai sesuatu dengan keringat Anda sendiri, dan uang adalah hadiah kasatmata atas jerih payah Anda.

Apa yang bisa dipetik dari pelajaran kali ini? Pertama, ikuti jalan yang membuat Anda bergairah melakukannya, dan uang akan mengikuti Anda. Yang kedua, jika Anda adalah orangtua, jangan manjakan anak Anda dengan tidak pernah membiarkannya tidak merasa lapar. Pengalaman itu tidak bisa dibeli dengan uang.

Sumber : The Big Idea; Donny Deutsch; Penerbit Gramedia
Halaman :
1

Ikuti Kami