Planet Layak Huni, Mungkinkah?

Nasional / 3 December 2009

Kalangan Sendiri

Planet Layak Huni, Mungkinkah?

Lestari99 Official Writer
3125

Sepertinya film-film imajinatif yang menggambarkan luar angkasa, di mana makhluk bumi pada akhirnya bermigrasi ke planet-planet lain selain bumi akan menjadi kenyataan dalam tahun-tahun mendatang. Pasalnya para astronom telah menemukan ratusan planet yang menyerupai Jupiter di galaksi Bimasakti. Penemuan ini menimbulkan harapan baru bahwa suatu saat nanti kita akan menemukan planet-planet yang berbatu dan memiliki air seperti di bumi.

Dimitar Sasselov, seorang astronom dari Harvard University, menyatakan sejumlah planet berbatu tersebut memiliki massa yang lebih besar daripada bumi, karenanya planet tersebut dinamakan Super-Earths atau Super-Bumi yang mencerminkan massa mereka.

Massa sebuah planet berkaitan erat dengan tektonik. Semakin besar sebuah planet, akan lebih banyak aktivitas tektoniknya, seperti gempa. Para ahli meyakini gerakan tektonik sangat berguna untuk melepaskan karbon yang ada di dalam batu. Bila karbon terlalu banyak akan menyebabkan pemanasan global sedangkan bila karbon tersebut terlalu sedikit, maka planet menjadi dingin.

Sasselov memperkirakan akan kembali ditemukan ratusan planet yang menyerupai bumi lainnya di galaksi Bimasakti. Dan jika demikian adanya, jika bumi ini sungguh-sungguh tak lagi layak huni, maka mutasi makhluk bumi ke planet lain sepertinya akan benar-benar terealisasi.

Sumber : mediaindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami