Hidup Tenang Karena Memiliki Asuransi

Investment / 2 December 2009

Kalangan Sendiri

Hidup Tenang Karena Memiliki Asuransi

Tammy Official Writer
2751
Anda sudah berinvestasi dalam banyak hal, tetapi sudahkah Anda berinvestasi atas kesehatan Anda sendiri? Prestasi dan kekayaan yang Anda rajut setiap harinya terasa sirna ketika sakit berat datang. Ditambah dengan semakin melonjaknya biaya kesehatan, tak dinyana lagi asuransi kesehatan menjadi sebuah ‘keharusan' bagi semua orang. Dan harus diingat bahwa tak ada istilah terlalu muda untuk mengikuti asuransi kesehatan karena penyakit dan musibah dapat menimpa siapa saja tanpa mempedulikan berapa usianya.

Untuk memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan Anda, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal:
1. Tanggungan VS premi. Besar premi yang kita bayarkan tergantung dengan nilai dan jenis tanggungan yang kita inginkan. Tetapi Anda tak perlu mengeluarkan dana dalam jumlah yang terlalu besar untuk melindungi diri secara memadai. Anda sudah bisa mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan dengan biaya kamar Rp350 per hari selama 180 hari, plus biaya lain-lain (kamar ICU, pembedahan, konsultasi dokter, dan lain-lain) hanya dengan membayar premi sebesar kurang lebih Rp2 juta rupiah per tahun (yang artinya kurang dari Rp200 ribu per bulan) bagi Anda yang berumur 26-35 tahun.
2. Nilai perlindungan yang telah Anda miliki. Hampir semua karyawan mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan dari pemberi kerja. Belum tambah lagi dari perlindungan Jamsostek. Selain itu, Anda juga menerima perlindungan kecelakaan bila Anda menempuh perjalanan dengan transportasi tertentu. Masukan semua nilai perlindungan ini ke dalam bingkai nilai perlindungan yang Anda perlukan, dan bila jumlahnya belum mencukupi, barulah Anda tambahkan sendiri sesuai kebutuhan.
Asuransi Kesehatan3. Riders. Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, Anda sebaiknya optimalkan pilihan manfaat tambahan (riders) yang disediakan. Banyak sekali pilihan yang dapat diambil, seperti untuk penyakit kritis, rawat jalan, kecelakaan dan disability, dan lain-lain. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda masing-masing. Misalkan bila Anda sering melakukan perjalanan atau memiliki pekerjaan yang banyak mengandung resiko kecelakaan, sewajarnya Anda mengambil perlindungan terhadap kecelakaan dalam pilihan asuransi yang akan Anda ambil.
4. Jaringan yang luas. Ini termasuk aspek non-finansial yang paling penting dalam menentukan pilihan. Asuransi yang dipilih haruslah memiliki jaringan yang luas sehingga Anda tak perlu kesulitan dalam menemukan rumah sakit mitra asuransi seandainya terjadi hal yang tak diinginkan. Nah, usahakanlah agar asuransi yang dipilih setidaknya bekerjasama dengan satu rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal.

Sumber : keluargacerdas123.com
Halaman :
1

Ikuti Kami