Sultan Terima Kunjungan Duta Khusus Vatikan

Nasional / 1 December 2009

Kalangan Sendiri

Sultan Terima Kunjungan Duta Khusus Vatikan

Puji Astuti Official Writer
3183

Dalam kunjunganya ke Indonesia, Duta Khusus Vatikan, Kardinal Jean Louis Taurant menyempatkan diri bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono X di Gedong Hene, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta pada Senin (30/11) lalu.

Dalam pertemuan itu Sultan di dampingi oleh Tepas Pengageng Kraton GBPH Hadiwinoto, Sekda DIY Tri Harjun Ismaji dan Kepala BKPMD (Bdan Koordinasi Penanaman Modal Daerah) DIY Nur Syahrir Raharjo.

Sedangkan Kardinal Jean Louis Tourant di dampingi oleh Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Leopoldo Girelli, dan Dubes Indonesia untuk Vatikan Suprapto Marto Setomo.

Pada pertemuan itu pembicaraan lebih mengarah pada keberlangsungan kerukunan kehidupan antar umat beragama di Yogyakarta. Bahkan Sultan berharap Yogyakarta dapat menjadi tolak ukur kerukunan antar umat beragama bagi dunia, hal ini diungkapkan oleh Nur Syahrir Rahardjo saat memberikan keterangan tentang pembicaraan dalam pertemuan itu.

"Meskipun di Yogyakarta terdapat berbagai pemeluk agama, mereka tetap hidup rukun dan damai. Sehubungan dengan hal itu, Sultan mengusulkan kepada Kardinal Taurant agar Yogyakarta bisa dijadikan tolok ukur kerukunan antarumat beragama bagi dunia," demikian ungkap Nur Syahrir Rahardjo.

Dengan mengedepankan dialog dan rasa toleransi, tentunya hal tersebut dapat menjadi jembatan bagi kerukanan antar umat beragama. Kunjungan Kardinal Tourant ke Indonesia ini kiranya dapat menjadi perekat bagi kerukunan antara umat Katolik dan umat beragama lainnya.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami