Minum Probiotik Untuk Lancarkan Pencernaan

Solusi Sehat / 30 November 2009

Kalangan Sendiri

Minum Probiotik Untuk Lancarkan Pencernaan

Tammy Official Writer
4215
\"MinumanSaluran pencernaan manusia terdiri atas 3 bagian penting yaitu lambung, usus halus, dan usus besar.

Usus besar berfungsi mengumpulkan sisa makanan yang kemudian akan dibuang melalui anus selain juga berfungsi sebagai tempat pertumbuhan bakteri, untuk membentuk vitamin B dan vitamin K. Usus halus berfungsi menyerap nutrisi makanan untuk membentuk energi dan memperbaiki serta membangun jaringan otot dan tulang. Sedangkan lambung berfungsi menghancurkan makanan menjadi bagian-bagian kecil sehingga bisa masuk ke dalam usus halus dan menghancurkan bakteri yang masuk.

Lebih dari 99% jumlah bakteri dalam tubuh berada di dalam usus besar. Probiotic seperti lactobacillus di usus halus bisa unggul dalam jumlah, sehingga memberikan manfaat yang optimal. Sedangkan di usus besar, lactobacillus jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan bakteri lain (kurang dari 1% saja). Untuk itu dibutuhkan probiotik lain yang bisa bekerja lebih optimal. Bifidobacterium adalah probiotic yang bisa memberikan manfaat optimal di usus besar. Karena jumlahnya di usus besar dapat lebih banyak dibandingkan dengan bakteri seperti E. Coli.

Untuk kemaksimalan kesehatan tubuh, komposisi yang harus dijaga agar tubuh kita sehat adalah 80% bakteri baik dan 20% bakteri jahat. Jika komposisi ini terganggu, maka akan menimbulkan gangguan pada pencernaan dan akhirnya dapat menimbulkan penyakit. Maka untuk menjaga agar pencernaan Anda tetap lancar, Anda perlu mengkonsumsi minuman yang mengandung multiprobiotik.

 

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami