Mobil Hittler Terjual Rp 141 Miliar

Nasional / 29 November 2009

Kalangan Sendiri

Mobil Hittler Terjual Rp 141 Miliar

Lestari99 Official Writer
2966

Bagi seorang kolektor barang antik, harga bukanlah menjadi masalah. Yang lebih penting adalah barang bersejarah yang diinginkannya berhasil menjadi miliknya. Seperti yang dilakukan seorang miliarder asal Rusia yang namanya dirahasiakan ini. Demi mendapatkan mobil kuno model mercedes Benz milik diktator Nazi, Adolf Hittler, ia rela merogok kocek hingga US$15 juta (sekitar RP 141 miliar).

Michael Froehlich, penyalur mobil bekas di Duesseldorf, Jerman, ditugaskan untuk melacak mobil 770 K Mercedes Benz yang pernah dinaiki Hittler. Meskipun pada awalnya ia sedikit keberatan karena mobil tersebut adalah mobil seorang pembunuh massal yang sangat mengerikan, namun akhirnya Froehlich tetap berusaha melacak keberadaan mobil tersebut.

Dalam pencariannya selama beberapa pekan, Froehlich mengetahui kalau Mercedes asli milik Hittler pernah berada di Austria pada akhir Perang Dunia II. Mobil itu lalu ditempatkan di Museum Mobil Klasik (Classic Car Museum) di Las Vegas, Amerika Serikat. Lalu kemudian jatuh ke tangan seorang pengusaha minuman bir asal Bavaria, Jerman. Setelah pengusaha terkemuka itu meninggal pada tahun 2008, istrinya memutuskan untuk menjual mobil Hittler tersebut.

Dan pencarian itu akhirnya berakhir ketika mobil itu dipastikan telah berada di Jerman. Sebelum memulai kesepakatan jual beli mobil bersejarah tersebut, Froehlich memastikan terlebih dulu kepada aparat hukum apakah kesepakatan seperti ini dapat dilegalkan. Setelah mendapatkan persetujuan dengan syarat tidak terlihat adanya simbol Nazi di mobil tersebut, kesepakatan itu pun akhirnya dijalankan.

Sebelum menyerahkan mobil kuno tersebut, Froehlich mencocokkan plat nomor 1A 148461 dengan foto saat Hittler berada di mobil tersebut yang diperoleh Froehlich dari berbagai dokumen dan catatan mengenai Hittler.

Dengan menggunakan jet pribadi, miliarder Rusia itu pun tiba di Jerman dan membeli mobil Hittler dari pemilik sebelumnya dengan harga berkisar US$6 juta hingga US$15 juta. Kepuasan mendapatkan barang bersejarah sepertinya menjadi hal yang dicari oleh para kolektor barang antik ini.

Sumber : yahoonews
Halaman :
1

Ikuti Kami