2012

Film Review / 28 November 2009

Kalangan Sendiri

2012

arienurkrisna Official Writer
3553
1Walau diprotes berbagai pihak, bahkan ada rumor bahwa film ini akan ditarik dari peredaran ternyata bukannya mengurangi minat para penonton, melainkan menambah rasa penasaran dan anemo masyarakat untuk berbondong-bondong menyaksikan film ini sehingga laris manis menjadi film paling laris di dunia saat ini. Isu sesat, provokatif dan diskriminatif sama sekali tidak diindahkan sebab genre ini memang fiksi ilmiah dan kebenarannya tidak perlu dipermasalahkan, sebab murni khayalan. Antrian panjang luar biasa, tiket sold out dan wajah penasaran menunggu giliran menonton adalah pemandangan umum yang dilihat disetiap loket bioskop. Tetapi wajah standar, komentar biasa aja terkadang celaan, serta tidak adanya keinginan untuk nonton kedua kali adalah yang dilihat dipintu keluar.

1Harus diakui ini merupakan film dengan special effects dan pembuatan yang luar biasa dan sulit dibayangkan bagimana mereka menciptakannya. Tetapi Roland Emmerich sang sutradara bukan orang biasa yang menangani film bencana, film seperti Independence Day dan The day After Tomorrow menunjukan kepawaiannya menciptakan bencana di layar lebar dengan dasyat. Bukan Meteor, Bukan Banjir, bukan pendinginan global tetapi 'Gempa Global' yang merubah struktur bumi. Masih hangat gempa yang menyerang Padang dan beberapa daerah di Indonesia, mungkin hal itu yang menambah keinginan masyarakat untuk menonton dan lebih terasa sebab belum lama mengalaminya di tanah air.

1Dibalik semua kedasyatan sinematografi Hollywood yang menggarap film ini sungguh dikecewakan oleh cerita dan acting yang hambar. Walau didukung artis yang kurang ternama akhir-akhir ini seperti John Cusack, Danny Glover, Oliver Platt, & Woody Harrelson tetap saja tidak mendongkrak cerita film ini. Karakter dan cerita yang seharusnya menjadi roh dari sebuah film menjadikan film ini terasa biasa-biasa saja. Sebab sudah banyak film bencana yang kita tonton dan belum lama film 'Knowing' mengangkat tema yang mirip jadi '2012' bukan hal yang baru yang tidak perlu terlalu dibesar-besarkan. Apalagi isu yang dikemukakan berbagai pihak yang menolak film ini. Biasa aja kali ga usah terlalu lebay, mungkin itulah yang menjadi komentar gaulnya. Anyway film ini sangat layak untuk ditonton, namun tidak layak untuk diantri berjam-jam bahkan melupakan ibadah. Ingat tidak ada yang tahu kapan kiamat itu terjadi hanya Tuhan yang tahu. Blessings


Sumber : onchom
Halaman :
1

Ikuti Kami