Bill Gates, Raja Microsoft Dunia

Entrepreneurship / 27 November 2009

Kalangan Sendiri

Bill Gates, Raja Microsoft Dunia

Lestari99 Official Writer
5123

Orang di seluruh dunia sepertinya telah mengenal sosok Bill Gates, pendiri dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Bill Gates juga dikenal karena kedermawanannya melalui yayasan yang dimilikinya, Bill & Melinda Gates Foundation. Menjadi orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007) dan menjadi orang terkaya ketiga di dunia pada bulan Maret 2008 setelah pebisnis AS Warren Buffett dan pebisnis Meksiko Carlos Slim Helu.

Lahir di Seattle, Washington, dari pasangan William Henry Gates, Sr., yang berprofesi sebagai seorang pengacara dengan Mary Maxwell, seorang pegawai dari First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota tingkat nasional United Way. Gates sekolah di sebuah sekolah elit yang paling unggul di Seattle, Lakeside School, dan meneruskan kuliah di Universitas Harvard, tapi tercatat sebagai mahasiswa yang drop out dari universitas ternama tersebut.

Bill Gates lahir dengan nama William Henry Gates III pada tahun 1955, sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Bill terkenal sebagai seorang anak yang cerdas tetapi terlalu penuh dengan semangat sehingga cenderung sering mendapatkan kesulitan di sekolahnya.

Gates mengenal dunia komputer untuk pertama kalinya ketika ia memasuki sekolah Lakeside pada tahun 1968. Komputer saat itu masih berupa mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Mesin ini yang disebut ASR-33, pada intinya adalah sebuah mesin ketik yang bisa dimasukkan perintah untuk kemudian dikirimkan kepada komputer, jawaban akan kembali diketikkan ke gulungan kertas pada teletype. Proses ini memang cukup merepotkan, namun justru hal itulah yang pada akhirnya mengubah kehidupan Gates. Dengan cepat Gates menguasai BASIC, bahasa pemrograman komputer, dan bersama dengan para hacker otodidak di sekolah tersebut, Gates melewatkan waktu berjam-jam untuk menulis program, melakukan permainan dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. Sekitar tahun 1975 ketika Gates masih bersekolah bersama-sama dengan Paul Allen, mereka menyiapkan program software pertama untuk mikro komputer. Inilah awal lahirnya Microsoft, karena mereka yakin software adalah masa depan.

Semasa belajar di Harvard, Gates dan Paul Allen menulis perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 dalam dasawarsa 1970. Altair merupakan komputer pribadi pertama yang meraih kesuksesan. Diberi inspirasi oleh BASIC, sebuah bahasa komputer yang mudah dipelajari dan ditulis di Kolese Dartmouth untuk mengajar, versi Gates dan Allen kemudian menjadi Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan yang utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, yang menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft. Microsoft Basic kemudian berkembang menjadi Microsoft QuickVasic. Versi Microsoft QuickBasic yang dijual tanpa kompiler QuickBasic dikenal sebagai Qbasic. QuickBasic juga dijadikan Visual Basic, yang masih populer hingga masa sekarang.

Di awal dasawarsa 1970, Gates memberikan kejutan kepada komunitas yang mempunyai hobi pada komputer dengan menyatakan ada pasaran komersial untuk perangkat lunak (software) dan bahwa software tidak layak dikopi dan digandakan tanpa izin penerbitnya. Pada masa itu, komunitas tersebut berpendapat bahwa inovasi dan pengetahuan patut dibagi oleh komunitas pengguna komputer. Gates kemudian mendirikan Microsoft Corporation, salah satu perusahaan paling sukses di dunia, dan memimpin arah kepada pembukaan industri software komputer.

Di balik kesuksesannya, Gates mendapat reputasi yang tidak baik untuk caranya berdagang, terkait dengan kerjasamanya bersama IBM dalam penjualan PC-DOS. Akibat hal ini, Microsoft digugat oleh Seattle Computer. Pada akhirnya Microsoft membayar sejumlah uang kepada Seattle Computer tetapi tidak mengakui kesalahannya. Reputasi Gates kemudian semakin buruk dikarenakan dakwaan monopoli oleh Departemen Keadilan AS dan perusahaan-perusahaan individu yang menentang Microsoft di akhir dasawarsa 1990.

Tidak dapat disangkal Bill Gates memang telah melakukan beberapa kesalahan dalam bisnis softwarenya. Hal ini terbukti dengan beberapa dakwaan yang diarahkan kepada Gates berkaitan dengan cara-cara bisnisnya yang melanggar undang-undang bisnis Amerika Serikat, misalnya monopoli Internet Explorer pada sistem operasi Windows.

Di tahun 2000 Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO dan menyerahkannya kepada kawan lamanya, Steve Ballmer. Gates kemudian beralih kembali ke profesi lama yang dicintainya sebagai pencipta perangkat lunak. Bill gates saat ini menjadi Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaannya sendiri, Microsoft Corp.

Dalam kehidupan pribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 januari 1994 dan dikaruniai tiga orang anak, Jennifer Katharine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele Gates (2002). Bersama istrinya Gates mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan sosial filantropi. Dalam sebuah pernyataannya di koran Washington Post pada tahun 1997 Gates menyatakan bahwa ia memutuskan untuk menyumbangkan 90 persen dari hartanya semasa dia masih hidup. Dan uang yang disumbangkannya telah menjadi beasiswa universitas bagi kaum minoritas, menentang AIDS dan kebanyakan memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang biasanya tidak dipedulikan oleh komunitas penderma, seperti penyakit-penyakit yang biasa terdapat dalam masyarakat dunia ketiga. Dalam bulan Juni 1999, Gates dan istrinya bahkan mendermakan $5 miliar kepada organisasi yang mereka dirikan, pendermaan yang paling besar di dunia oleh individu yang masih hidup.

Sumber : wikipedia
Halaman :
1

Ikuti Kami