Jamur yang Tepat Untuk Tubuh Anda

Gizi & Nutrisi / 27 November 2009

Kalangan Sendiri

Jamur yang Tepat Untuk Tubuh Anda

Budhi Marpaung Official Writer
5698

Jamur merupakan salah satu bagian dalam menu makanan yang cukup populer saat ini. Tidak hanya restoran-restoran terkenal saja yang menyajikan makanan yang satu ini, para ibu rumah tangga menghidangkan juga bagi para anggota keluarganya.

Namun, tidak semua jenis jamur yang bisa dikonsumsi oleh tubuh manusia. Hanya beberapa dari antara banyak jenis tersebut yang bisa dimakan karena itu bisa sangat berbahaya. Berikut jenis-jenis jamur yang bisa Anda konsumsi:

1. Jamur Shitake. Jamur ini merupakan jenis jamur yang sangat disarankan oleh beberapa ahli nutrisi makanan. Tekstur yang agak kenyal seperti daging dan memiliki kadar L-ergothioneine (sejenis antioksidan yang kuat) adalah alasannya. Shitake sangat pas dinikmati dengan cara digoreng atau dimasak sup.

2. Jamur Enoki. Jamur ini berkhasiat membunuh sel kanker di tubuh hingga 95%. Demikian hasil penelitian Profesor Phan Hwai Chong dari Yang Ming Research Center. Agar tidak mengurangi manfaatnya, disarankan sebelum mengolahnya, Enoki direndam dalam air beberapa saat. Hal ini dimaksudkan agar jamur tetap garing. Usahakan juga tidak memasak jenis jamur ini lebih dari 3 menit.

\"\"3. Jamur Tiram. Memiliki tekstur yang lembut dan mudah menyerap bumbu membuat jamur ini sering dipadukan dengan ayam dan seafood. Selain disantap untuk makanan, Tiram juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami.

4. Jamur Kancing. Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh City of Hope National Medical Center, jamur kancing dapat menghambat pembentukan enzim aromatase. Enzim ini merupakan enzim pemicu estrogen, penyebab meningkatnya risiko kanker payudara. Jamur ini juga mengandung vitamin D dan tembaga yang bermanfaat sebagai pembentuk hemoglobin pada sel darah merah. Jamur jenis ini sering dijumpai di makanan pizza yaitu sebagai topping (taburan).

5. Jamur Shimeji. Jenis jamur yang harus dimasak agar cita rasanya yang manis dan renyah bisa keluar. Dapat diolah menjadi sup, direbus, atau digoreng dengan mentega.

6. Jamur Portobello. Teksturnya yang tebal membuat para pecinta makanan sayur-sayuran (vegetarian) sering menjadikannya sebagai pengganti daging. Jamur ini dapat disimpan berbulan, tetapi dengan syarat jamur ini harus matang dan ditaruh dalam freezer. Sangat enak dimakan bila dipanggang atau dibakar.

Untuk hidup sehat selain didasari oleh olahraga yang sehat, makanan pun harus diperhatikan. Dengan melakukan hal ini maka berarti Anda menghargai kehidupan yang Allah berikan.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami