Arkeolog Korsel Berhasil Menyusun Ulang Rupa Manusia Ribuan Tahun Lalu

Arkeolog Korsel Berhasil Menyusun Ulang Rupa Manusia Ribuan Tahun Lalu

Budhi Marpaung Official Writer
2079

Dunia ilmu pengetahuan yang semakin maju pesat karena ditunjang dengan perkembangan teknologi benar-benar membuat segala sesuatu yang dulunya mustahil sekarang dapat menjadi kenyataan. Seperti yang baru saja terjadi di Korea Selatan beberapa waktu lalu dimana para arkeolog negara tersebut berhasil menyusun ulang rupa dari seorang pelayan wanita yang hidup 1500 tahun lalu.

Menurut Direktur Institut Riset Nasional Warisan Budaya Gaya, Kang Soon-hyung, hal ini sebenarnya bukanlah pertama kali mereka lakukan, tetapi merupakan pekerjaan pertama mereka yang sukses melacak rupa utuh dari jasad yang ditemukan.

Adapun jasad ribuan tahu lalu itu teridentifikasi adalah seorang gadis pelayan berusia 16 tahun yang diduga kuat bekerja dan menetap di rumah kalangan keluarga ternama pada masa kerajaan Gaya pada abad keenam. Gadis ini meninggal secara tragis yakni dikubur hidup-hidup bersama tuannya.

Proyek ini sendiri melibatkan pemahat spesialis anatomi, Kim Byung-ha, dan CELL, firma yang menangani kostum film dengan tema-tema khusus. 

Satu kata untuk melukiskan peristiwa ini luar biasa ! 

Sumber : Kompas.com/bm

Ikuti Kami