Tidur Nyenyak Abis Ngopi? Ini Caranya!

Fit & Charming / 22 November 2009

Kalangan Sendiri

Tidur Nyenyak Abis Ngopi? Ini Caranya!

Lestari99 Official Writer
5200

Kerjaan menumpuk seringkali memaksa Anda untuk lembur dan begadang sampai malam. Di saat-saat seperti ini, kopi biasanya menjadi teman setia yang menemani Anda menyelesaikan tugas-tugas yang tak terselesaikan di jam kerja. Tapi, efek kafein terkadang tetap bertahan meskipun tugas-tugas Anda telah selesai dan tentu saja hal ini justru mengganggu. Badan terasa lelah tapi mata tak bisa terpejam.

Jika Ada harus menghadapi hal ini, apa yang akan Anda lakukan? Mungkin Anda akan berpikir untuk menggunakan alkohol melawan efek kafein. Atau bahkan menggunakan obat penenang? Percayalah, kedua cara ini bukan cara yang efektif untuk menghilangkan efek kafein. Cobalah empat langkah sederhana berikut ini:

Ciptakan Lingkungan Tidur Yang Nyaman

Anda perlu menciptakan lingkungan yang dapat mengurangi stimulasi dan dapat membangkitkan semangat, apalagi dengan efek kafein yang masih bertahan di dalam tubuh Anda. Lingkungan tidur yang nyaman bisa Anda ciptakan dengan mematikan TV, internet atau peralatan elektronik lainnya.

Matikan juga lampu utama kamar Anda dan tutuplah tirai kamar untuk mencegah masuknya sinar dari lampu jalan. Ciptakan atmosfer kamar dengan penerangan temaram dari cahaya lilin atau lampu tidur. Anda bisa mendapatkan efek penerangan lembut dengan menempatkan lampu meja di lantai menghadap ke arah dinding.

Pastikan semua bunyi dari peralatan rumah tangga yang bisa mengganggu relaksasi Anda seperti suara kulkas, tetesan air dari keran dll. Putarlah koleksi CD Anda yang bersifat menenangkan atau bisa juga menggunakan CD yang berisi suara-suara alami, seperti hujan, air terjun dan hutan sebagai pengganti. Jika hujan sedang turun, fokuskan pikiran Anda pada suara tetesan hujan yang menyentuh jendela atau pada bunyi gelembung air dari akuarium Anda. Anda memerlukan suara lembut yang berkelanjutan untuk merilekskan pikiran.

Olahraga Ringan

Olahraga merangsang tubuh melepaskan hormon serotonin, yaitu hormon yang dapat memancing tidur. Pastikan untuk memilih gerakan ringan yang tidak terlalu meningkatkan suhu tubuh karena suhu tubuh justru dapat menghambat tidur. Cara yang paling efektif dan ideal adalah dengan melakukan rutinitas aerobik ringan, termasuk sit-up dan push-up di lingkungan nyaman yang telah Anda ciptakan sebelumnya.

Minum Segelas Susu Hangat

Susu merupakan sumber tryptophan, asam amino yang akan diubah menjadi serotonin yang selanjutmnya akan diubah menjadi melatonin. Kedua hormon ini sangat berperan dalam mengundang rasa kantuk. Jika Anda terbangun di malam hari dengan rasa lapar yang menyerang, cobalah untuk menghindari minuman bergula. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi sepotong roti. Karbohidrat akan meningkatkan sekresi insulin yang membantu penyerapan tryptophan dan menguatkan efeknya.

Istirahatkan Pikiran Anda

Istirahatkan pikiran Anda dengan tidak mengkuatirkan kondisi Anda yang sulit untuk tidur. Hindari melihat jam dan jangan mencoba untuk menghitung berapa lama waktu yang telah Anda sia-siakan hanya untuk sekedar mencoba untuk tidur. Pilihlah buku bacaan. Hindari bacaan yang memerlukan kerja otak berat serta pekerjaan yang justru memicu stres.

Pilihlah majalah dengan bacaan yang bersifat ringan dan menarik. Duduklah di kursi atau sofa dan pindahlah ke tempat tidur ketika Anda mulai lelah. Pastikan agar tubuh Anda benar-benar rileks. Atau jika Anda sedang malas membaca, Anda bisa menutup mata sambil membayangkan lokasi yang menenangkan, seperti air terjun atau pantai. Selanjutnya Anda sudah akan berlabuh di dunia mimpi tanpa sadar.

Meskipun Anda baru saja minum kopi, ternyata untuk mendapatkan tidur yang nyenyak bukan hal yang sulit bukan?

Sumber : mediaindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami