Wajah Obama Dalam Dunia Komunis

Nasional / 18 November 2009

Kalangan Sendiri

Wajah Obama Dalam Dunia Komunis

Puji Astuti Official Writer
2845

China dan Amerika Serikat membangun hubungan secara serius kali ini, hal ini ditandai dengan lawatan Presiden Obama ke negeri tirai bambu pada Selasa (17/11) lalu. Obama melakukan pertemuan resmi dengan Presiden Hu Jintao. Dalam pertemuan ini, keduanya menyatakan bahwa mereka akan melakukan kerjasama lebih lagi di bidang tehnologi dan akan membuat kesepakatan untuk mengurangi emisi karbon.

Namun, ada hal menarik lain dari kunjungan Presiden Obama ke negeri Cina ini. Di Cina saat ini muncul kaos "Obama Komunis" dengan gambar wajah Obama mengenakan seragam Tentara Merah (tentara komunis Cina). Dibagian depan yang di hias wajah obama itu tertulis "Melayani Rakyat" dalam tulisan kanji sedangkan di bagian belakang tertulia "Oba-Mao" dalam huruf romawi.

Kaos yang beredar bebas di pasar dan toko souvenir ini menunjukkan bahwa pemerintah Cina tidak melarang adanya kaos tersebut. Wartawan CNN yang melakukan liputan khusus atas kunjungan presiden ke Cina berhasil membawa pulang kaos ini sebagai cinderamata setelah menghadapi beberapa jam di kantor polisi Shanghai, karena berpapasan dengan polisi saat berbelanja koas tersebut - namun dengan di ikuti kamera video dan fotografer yang meliput.

Entah kaos ini merupakan bentuk sindiran atau pujian dari masyarakat Cina atas kehadiran Obama, namun yang pasti koas tersebut laris manis dan banyak dicari.

Sumber : CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami