Tiga Negara Percontohan

Nasional / 16 November 2009

Kalangan Sendiri

Tiga Negara Percontohan

Yuliani Official Writer
3113
Kemacetan yang melanda hampir di setiap kota besar di Indonesia semakin meningkat. Jakarta khususnya. Kesan padat dan berantakan dapat dilihat oleh penduduk setempat. Setiap orang mesti pergi ekstra pagi dan pulang lebih malam demi menghindari kemacetan.

Mungkin sudah saatnya kita belajar dari tiga Negara di Asia yang diakui oleh International Scientific Committee (ISC) Eastern Asia Society for Transportation Studies (EASTS) yaitu Korea, jepang dan Vietnam. Menurut Ketua ISC EASTS, Hitoshi Ieda dalam konferensi pers pembukaan Konferensi Transportasi Dunia,”Korea baik diajdikan contoh dalam hal pengelolaan transportasi secra umum, Jepang dalam pengelolaan Kereta Api, sedangkan Vietnam unggul dalam pengelolaan pejalan kaki.”
Kemudian Ketua EASTS, Kyung Soo Chon juga berkata bahwa transportasi di tiap Negara dan kota berbeda, tidak dapat disamakan dengan Tokyo atau kota lainnya. “Saya melihat Transjakarta sudah bagus.” katanya lagi pada konferensi yang digelar di Hotel Shangrila, Surabaya. Menurut Chon, permasalahan ini timbul karena ledakan jumlah penduduk yang melebihi 20 juta jiwa.

Menyambung hal ini, Ketua Umum Masyarakat transportasi Indonesia, Bambang Susantono mengatakan bahwa adanya ledakan pengendara sepeda motor di Indonesia. “Kami sedang memikirkan transportasi yang lebih manusiawi.” kata bambang.

Sumber : tempointeraktif
Halaman :
1

Ikuti Kami