Usul Filipina: Visa Tunggal ASEAN

Nasional / 16 November 2009

Kalangan Sendiri

Usul Filipina: Visa Tunggal ASEAN

Tammy Official Writer
2766
Demi kepentingan bersama bagi negara-negara ASEAN, Filipina mengusulkan agar diterapkannya kebijakan visa tunggal bagi 10 negara Asia Tenggara. Dinilai ini akan menguntungkan untuk sektor perdagangan dan pariwisata.

Selama ini bagi para wisatawan yang ingin berkunjung sekaligus ke beberapa negara di ASEAN dibutuhkan juga visa yang berbeda. Marcelino Libanan, Komisioner Keimigrasian Filipina, mendesak hadirnya visa tunggal bagi warga Negara ASEAN, sehingga warga negara yang berada di kawasan ini dapat bepergian dengan bebas. Selain itu, dengan adanya visa tunggal seperti yang berlaku di Uni Eropa, akan memberikan keuntungan dalam perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Pemerintahan dunia memang tampaknya mengarah ke pemerintahan tunggal, karena sebenarnya itu lebih memudahkan segala birokrasi antar Negara, terutama yang berada dalam satu kawasan. Jika kita mengamati kembali keadaan arah dunia di masa sekarang, ini semua sudah mengarah seperti yang dikatakan di dalam kitab Wahyu yakni adanya pemerintahan tunggal di dunia.


Sumber : okezone.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami