Si Jago Merah kembali Berkobar

Si Jago Merah kembali Berkobar

Yuliani Official Writer
2111
Akibat keteledoran warga yang sering membakar rumput kering dengan sembarangan, kebakaran kembali terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Jawa Timur. Kebakaran ini menghanguskan padang savana seluas 433 hektar di sekitar kaldera Tengger.

“Kadang warga sekitar kawasan sengaja membakar rumput kering,” kata juru bicara Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Nova Elina.

Kebakaran seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Selama musim kemarau ini telah terjadi 15 kali dan meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2007 terjadi kebakaran serupa sebanyak 22 kasus di area seluas 705 hektare. Sedangkan pada tahun 2006 terjadi 28 kasus di area 1.019 hektare.

Segenap cara pencegahan pun telah dilakukan, dari memasang papan pengumuman agar penduduk dan pengunjung tidak membuang puntung rokok sembarangan serta membuat api unggun. Hingga mengerahkan sebanyak 20 petugas untuk memberi penyuluhan bagi warga sekitar yang kebanyakan berprofesi sebagai penggembala dan pencari rumput agar tidak membakar rumput dengan sembarangan.

Diharapkan dengan hal ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dapat meningkat. (Y)

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami