Motivasilah Rekan Kerja Anda

Career / 15 November 2009

Kalangan Sendiri

Motivasilah Rekan Kerja Anda

Tammy Official Writer
2839
Dalam pekerjaan Anda yang sering bekerja bersama rekan-rekan dalam satu tim, tentu Anda menyadari pentingnya semangat dalam bekerja bersama-sama. Anda tentu tak mau atau justru menjadi sama-sama loyo gara-gara bekerja dengan rekan kerja yang tampaknya tak memiliki motivasi untuk melakukan pekerjaannya.

Tak ada salahnya Anda pun membangkitkan motivasi kerja rekan-rekan lain yang sudah mulai "loyo." Tujuh cara berikut bisa mulai Anda terapkan di kantor untuk memperbaharui semangat rekan-rekan kantor lainnya:

1. Berikan dukungan secara konsisten kepada rekan-rekan Anda.
Kata-kata dukungan selalu dapat membangkitkan semangat. Dan yang terpenting, jangan melakukan hal ini sesekali saja. Cobalah ucapkan kata-kata penuh dukungan setiap ada rekan yang berhasil mencapai prestasi yang bisa dibanggakan.

2. Terapkanlah disiplin dan pemberian hukuman yang efektif, seimbang, dan bersifat fair.
Jika saat berprestasi mendapatkan hadiah, maka jangan heran dan protes jika saat melakukan kesalahan Anda mendapatkan hukuman.

3. Perlakukanlah karyawan dengan fair.
Jangan sampai ada karyawan mendapatkan perlakuan yang menyebabkan ia dianggap anak emas, karena hal seperti ini akan menciptakan suasana tak menyenangkan di lingkungan kantor.

4. Kenalilah dan penuhilah kebutuhan semua karyawan.
Setiap karyawan pastinya memiliki kebutuhan dan kemampuan spesifik yang berbeda-beda. Jika bisa dikenali kebutuhan khas masing-masing, tentu perlakuan adil bisa diterapkan.

Motivation for Team Work5. Tetapkan sasaran kerja yang realistis dan operasional.
Sasaran yang terlalu muluk terkadang justru membuat patah semangat, bahkan sebelum memulai pekerjaan demi mencapai sasaran tersebut.

6. Ciptakan pekerjaan yang terstruktur.
Struktur dan birokrasi memang terkadang terkesan menyulitkan dan membosankan, namun melalui cara ini pembagian kerja akan lebih merata.

7. Terapkan standar dan beri penghargaan.
Terapkanlah standar kerja dalam tim Anda, apakah yang terbaik, apakah yang terburuk. Dan jangan lupa beri penghargaan berdasarkan prestasi kerja.

Sumber : perempuan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami