Balita Gangguan Jiwa? Bisa saja!

Psikologi / 15 November 2009

Kalangan Sendiri

Balita Gangguan Jiwa? Bisa saja!

Lestari99 Official Writer
4151

\"\"Jika Anda memiliki anak balita, jangan abaikan gangguan jiwa yang bisa saja mengintip kejiwaan buah hati Anda. Karena menurut psikolog Dra. Irna Minauli Msi, gangguan jiwa ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa tetapi bisa juga dialami oleh balita.

Gangguan ini dapat berupa gangguan emosional, kesehatan fisik yang terganggu, gangguan mental dan juga perilaku. Untuk mendeteksi adanya gangguan-gangguan tersebut, sebagai orangtua Anda harus rajin mengamati anak Anda berkenaan dengan bentuk-bentuk gangguan di atas. Pemeriksaan fisik secara rutin dan pemeriksaan penunjang seperti skrining perkembangan juga dapat dilakukan.

Ketika Anda mengamati buah hati Anda, kecurigaan kecil yang Anda rasakan akan menjadi hal yang sangat penting untuk mendeteksi gangguan perkembangan pada anak Anda. Deteksi sejak dini akan mudah untuk diperbaiki sehingga dampak bagi perkembangan kejiwaannya pun akan kecil dan tidak cukup berpengaruh pada tumbuh kembang kejiwaan buah hati Anda kelak.

Bila penyimpangan ini terlambat dideteksi, maka akan lebih sulit untuk diintervensi dan akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak pada tahap selanjutnya. Penyimpangan anak ini dapat dideteksi oleh para orangtua mulai dari fisik, timbang berat badan, ukur tinggi badan dan lingkar kepala sesuai dengan pertumbuhannya atau tidak.

Penuhi semua kebutuhan balita Anda baik dalam bentuk fisik, emosi, kasih sayang dan stimulasi kecerdasan agar balita Anda tumbuh dan berkembang secara optimal. Stimulasi ini dapat dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain dengan cara bermain setiap hari atau pun dengan menggunakan berbagai cara dan benda yang mudah didapat.

Sumber : antara
Halaman :
1

Ikuti Kami