Tangani Gempuran Media Pada Anak

Parenting / 12 November 2009

Kalangan Sendiri

Tangani Gempuran Media Pada Anak

Puji Astuti Official Writer
2643

Saat ini media merajai kehidupan banyak orang, tidak terkecuali anak-anak. Televisi, radio, internet, dan handphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak. Jika orangtua tidak memperhatikan, tanpa sadar anak-anak telah dipengaruhi.

Televisi, games dan internet bukanlah pengasuh bagi anak. Untuk itu, orangtua harus sangat berhati-hati dalam memilih media yang akan disajikan pada anak-anak. Bagaimana caranya.

1. Cari tahu program apa saja yang ditonton anak Anda. Ini sangat penting, apa lagi dengan tv kabel yang sudah menjadi bagian dari banyak rumah tangga di Indonesia. Pilihkan program-program positif dan membangun bagi buah hati Anda.

2. Jangan taruh televisi di kamar anak Anda. Jika demikian Anda tidak bisa memonitor apa yang dia tonton. Ini sangat berbahaya.

3. Batasi waktu menonton. Memang tidak mudah, namun Anda bisa diskusikan dengan anak Anda untuk memutuskan hal ini.

4. Ajak diskusi anak Anda tentang tayangan yang ia tonton. Bantu anak Anda menemukan hal positif dari tayangan, tanyakan apa yang ia pelajari dari hal tersebut.

Bagaimana dengan internet? Ini panduannya :

  1. Buat filter untuk web yang bisa di akses oleh anak Anda. Software untuk hal ini bisa Anda cari.
  2. Taruh komputer di mana anak Anda bisa mengakses internet di tempat yang Anda bisa monitor.
  3. Ingatkan anak Anda untuk tidak memberikan informasi pribadi kepada orang lain melalui internet tanpa ijin Anda.
  4. Jika ada hal-hal yang tidak sopan yang disodorkan melalui internet, pastikan Anda telah mengajarkan anak Anda untuk segera memberitahukan kepada Anda.

Menangani media yang dikonsumsi anak Anda bukanlah hal mudah. Berbagai cara digunakan yang bisa merembes hingga sampai di tangan buah hati Anda. Pastikan Anda sebagai orangtua dengan cermat memperhatikan.

Sumber : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami