Mall in the city

Nasional / 11 November 2009

Kalangan Sendiri

Mall in the city

Yuliani Official Writer
2613
Sebutan ‘amol’ atau ‘anak mall’ kerap kali terdengar di telinga kebanyakan anak muda di kota Jakarta. Bagaimana tidak, mall atau pusat perbelanjaan menjadi pusat sasaran berwisata maupun mengisi waktu luang. Bagi kaum professional dan pekerja kantoran, mall pun sangat berguna untuk menjadi tempat pertemuan atau sekedar duduk-duduk menunggu jam ‘3 in 1’ berakhir. Untuk para ibu-ibu rumah tangga pun sekarang lebih sering dan nyaman belanja kebutuhan dapur di mall. Ditambah pula, mall menyediakan banyak fasilitas yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Jakarta hari ini telah kehilangan ruang untuk bergerak, penghijauan, apalagi menikmati udara segar sepanjang hari. Pembangunan gedung bertingkat dan pusat perbelanjaan semakin giat dilaksanakan. Dalam satu area saja, kita sudah dapat menemukan banyak mall.

Menurut Menteri Negara Lingkungan Hidup, Emil Salim, di Sustainable Jakarta Convention 2009, arah pembangunan Ibu Kota harus segera diubah. Jakarta telah kehilangan fungsinya sebagai ibu kota negara, pusat pemerintahan dan pusat pengembangan riset. Beliau mengatakan bahwa pembangunan pusat belanja di pusat kota harus segera dihentikan dan di bangun di luar Jakarta. Kita bisa mencontoh keberhasilan Seoul di Korea Selatan mengenai hal ini.

Kemudian Gubernur DKI Jakarta sendiri, Fauzi Bowo mengakui bahwa pembangunan kota Jakarta sudah sedemikian kompleks dan rumit sehingga butuh waktu yang lama untuk melakukan penyesuaian konsep pembangunan dengan aturan yang ada.

Dalam acara tersebut, hadir pula Mantan Wali Kota Bogota, Kolombia, Enrique Penalosa. Beliau yang juga ikut berbagi pengalamannya dalam mengubah kota Bogota, berkata bahwa Kunci reitalisasi kota padat menjadi ramah itu terletak pada kemauan politik yang kuat dulu, bukan oleh ahli-ahli tehnik, penata banguan dan ahli transportasi. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan perubahan perilaku dan budaya, serta sistem infrastruktur publik. (Y)

Sumber : bisnis.com
Halaman :
1

Ikuti Kami