Tim Delapan Berat Sebelah?

Nasional / 9 November 2009

Kalangan Sendiri

Tim Delapan Berat Sebelah?

Lestari99 Official Writer
2394

Tim Delapan berat sebelah? Itulah penilaian yang dilontarkan oleh Bonaran Situmeang, kuasa hukum Anggodo Widjojo. Bagi Bonaran, ketua Tim Delapan yang dipimpin oleh Adnan Buyung Nasution itu berat sebelah dengan membela KPK. Atas dasar inilah Bonaran pun memutuskan untuk melayangkan surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait kinerja tim yang notabene merupakan bentukan dari Presiden tersebut.

Keberpihakan Tim Delapan terlihat dari permintaan Tim Delapan untuk membebaskan Bibit S Riyanto dan Chandra M Hamzah meskipun polisi telah menyatakan penyidikan sesuai dengan hukum. Selain itu tim juga meminta kepolisian untuk menahan Anggodo Widjojo meskipun polisi menyatakan tidak cukup bukti untuk menetapkan Anggodo sebagai tersangka.

Bonaran bahkan menuding bahwa keberpihakan Tim Delapan ini diduga karena Iken Nasution yang tak lain dan tak bukan adalah anak kandung dari Adnan Buyung Nasution tersangkut kasus yang masih dipetieskan di KPK. Iken Nasution terkait kasus pengadaan impor sapi fiktif di Departemen Sosial tahun 2005-2006. Tuduhan Bonaran kepada Buyung bukan kali pertama dilontarkan olehnya. Ia pernah menuduh Buyung terkait dalam rekayasa penyidikan kasus Bibit-Chandra karena penanganan kasus yang ditangani Bonaran dikomunikasikan kepada Buyung.

Cuci tangan pejabat, saling tuduh, saling lempar kesalahan, sembunyi tangan sepertinya menjadi hal lumrah yang saat ini sedang dipertontonkan para pejabat negeri ini. Belum selesai kasus satunya, kasus lainnya telah dikaitkan dan membuat inti permasalahan sepertinya semakin rumit. Tapi melalui hal ini semua orang dapat melihat bagaimana sesungguhnya negeri ini membutuhkan para pemimpin yang memiliki integritas dan menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami