Mental Antikorupsi Harus Dimiliki Pelajar

Nasional / 9 November 2009

Kalangan Sendiri

Mental Antikorupsi Harus Dimiliki Pelajar

Tammy Official Writer
3379
Negeri ini mengalami krisis moral dan ekonomi dikarenakan mental korupsi sudah mendarah-daging alias terbiasa di lingkungan pejabat bangsa ini. Sebenarnya hal-hal kecil seperti korupsi waktu, korupsi disiplin di jalan sudah melatih kita untuk terbiasa berkorupsi. Bagaimana jika dalam hal kecil saja kita sudah terbiasa lakukan, dan ketika diberikan dalam posisi dan kuasa yang besar, bisa saja bibit korupsi kecil itu membiasakan kita untuk melakukan korupsi yang besar.

Pengertian tentang korupsi sendiri dalam arti luas belum dipahami dengan baik oleh kalangan pelajar. Padahal, mental korupsi dapat berkembang dengan mudah di lingkungan mereka. Pemahaman tentang korupsi dan sikap mental anti-korupsi perlu ditanamkan sejak dini bagi mereka mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa ini.

Ada upaya pergerakan anti-korupsi yang dilakukan oleh BEM Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, mereka tengah merintis Gerakan Mahasiswa Antikorupsi atau disingkat, Gema Aksi. "Wadah ini berusaha untuk menanamkan idealisme antikorupsi kepada pelajar dan mahasiswa," ungkap Aldino Wisnu Oktora, Ketua BEM Fakultas Hukum Undip.

Gerakan ini tidak hanya bergaung untuk meneriakkan nilai-nilai korupsi, mereka juga mengadakan pelatihan anti-korupsi. Dalam pelatihan itu, para mahasiswa berdiskusi dengan pakar hukum, perwakilan dari kepolisian, dan Indonesia Corruption Watch (ICW). Di hari selanjutnya, para peserta mempraktikkan teori yang didapat dengan memberikan penyuluhan kepada para pelajar.

Negeri ini sedang giat-giatnya untuk memberantas korupsi khususnya di kalangan pejabat dan pebisnis. Para pemuda yang masih menjadi pelajar atau mahasiswa, ke depannya mereka akan menggantikan para pejabat di masa sekarang. Reformasi tentu perlu dilakukan. Jika dahulu korupsi jadi hal biasa dalam birokrasi, sudah saatnya pemikiran tersebut diganti menjadi sebuah hal yang sangat tak biasa bahkan menjijikkan. Ingin merubah bangsa ini? Dimulai dari para pemudanya.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami