Asap Kendaraan Turunkan Kualitas Sperma

Serba-Serbi Sehat / 7 November 2009

Kalangan Sendiri

Asap Kendaraan Turunkan Kualitas Sperma

Lestari99 Official Writer
4622

Asap kendaraan merupakan polusi udara yang banyak menimbulkan masalah di banyak negara. Pencemaran udara yang ditimbulkannya tak urung dituding sebagai penyebab berbagai penyakit paru-paru dan pernafasan pada manusia. Dan mereka yang beraktivitas di dekat sumber polusi dianggap paling rentan terkena dampaknya.

Sebuah hasil penelitian menunjukkan dampak buruk lainnya dari asap kendaraan bermotor. Asap kendaraan yang Anda hirup tiap hari dapat menurunkan kualitas sperma Anda.

Penelitian ini diadakan dengan melibatkan 290 polisi lalu lintas pria yang telah bekerja lebih dari lima tahun dan 58 polisi non lalu lintas. Penelitian ini dilakukan dengan memeriksa kadar Pb (kadar timbal atau polutan) dalam urin, dan kualitas sperma mereka.

Hasilnya, jumlah spermatozoa polisi lalu lintas hanya berkisar 19,5 juta per mililiter sedangkan jumlah spermatozoa polisi non lalu lintas lebih dari 20 juta per mililiter. Sperma polisi lalu lintas juga memiliki mobilitas lebih rendah (44,5 persen) dibandingkan kondisi normal (lebih 50 persen).

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam buku ‘Peningkatan Kualitas Udara Perkotaan: Strategi dan Rencana Aksi Lokal' yang diterbitkan pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2006.

Yang namanya pencemaran pasti akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan manusia seperti defisiensi oksigen dalam darah, iritasi mata, kerusakan sistem pernafasan, kanker, gangguan sistem syaraf, gangguan reproduksi dan genetika. Tidak hanya bagi manusia, tumbuhan dan hewan pun dapat terkena dampaknya seperti memicu kerusakan daun, berkurangnya produktivitas, menurunnya laju fotosintesa, serta gangguan sistem pernafasan dan syaraf pusat hewan.

Buat Anda yang masih mempedulikan kualitas sperma bagi kepentingan reproduksi Anda kelak, jangan pernah tanggalkan masker dari wajah Anda ketika Anda berkendara dengan sepeda motor. Lebih baik mencegah daripada kerinduan Anda untuk memiliki seorang anak kelak sulit untuk dikabulkan karena kualitas sperma yang tidak memenuhi syarat.

Sumber : kosmo.viva
Halaman :
1

Ikuti Kami