Hamid Karzai Presiden Terpilih Afganistan

Nasional / 3 November 2009

Kalangan Sendiri

Hamid Karzai Presiden Terpilih Afganistan

Puji Astuti Official Writer
2589

Hamid Karzai dinyatakan sebagai pemenang pemilihan umum di Afganistan dan akan menjabat sebagai presiden dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Pemilihan putaran kedua dibatalkan karena dinilai akan menimbulkan kekacauan di negara yang masih dilanda konflik tersebut.

"Kami umumkan bahwa Hamid Karzai, menang mayoritas dalam pemungutan suara pada putaran pertama dan menjadi satu-satunya kandidat pada putaran kedua, terpilih sebagai presiden Afghanistan," demikian ungkap Ketua Komisi Pemilihan Independen (IEC) Azizullah Ludin.

Rival Karzai dalam pemilu ini, Abdullah Abdullah mengundurkan diri karena menilai tidak ada keamanan untuk mencegah adanya kebocoran suara seperti yang terjadi pada Agustus lalu. Selain hal tersebut, motif pembatalan pemilu putaran ke dua tidak jauh berbeda dengan isu yang dilontarkan pada pemilu di Indonesia lalu, yaitu penghematan uang.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon bertemu dengan Karzai dan Abdullah dalam upaya memberikan tekanan diplomatik untuk menjaga kondisi Afganistan yang kondusif. Ban Ki-moon juga merupakan tokoh dunia pertama yang memberikan selamat atas terpilihnya Karzai. Demikian juga dengan Amerika Serikat, pihak Gedung Putih telah menyatakan mengakui terpilihnya Karzai.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami