Musik Kolintang Diakui Dunia

Nasional / 2 November 2009

Kalangan Sendiri

Musik Kolintang Diakui Dunia

Lestari99 Official Writer
5716

Baru-baru ini musik Kolintang mendapatkan empat rekor dunia dari Guinness World Record dan menjadi catatan penting bagi pengakuan dunia atas musik Kolintang dalam rangka mematenkan seni budaya daerah. Minahasa dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pemecahan rekor dunia atas musik kolintang dan musik bambu pada Sabtu (31/10).

Keempat rekor tersebut tercatat dalam Guinness World Record untuk permainan musik Kolintang massal dengan peserta terbanyak 1.223 orang, permainan musik bambu massal dengan peserta terbanyak 3.011 orang, instrumen Kolintang terbesar dan instrumen musik bambu terompet terbesar di dunia.

Penghargaan diberikan oleh Lucia Sinigagliesi dari Guinness World Record kepada Beny Mamoto, Ketua Institut Seni Budaya Sulawesi Utara (ISBSU). Momentum rekor dunia Guinness ini akan memotivasi pemerintah dan masyarakat Minahasa untuk semakin mencintai dan mengembangkan musik Kolintang dan musik bambu.

Indonesia memiliki ribuan seni budaya daerah yang membutuhkan perhatian dan cinta daerah untuk tetap bertahan dalam laju perkembangan dunia modern saat ini. Sepertinya klaim Malaysia akhir-akhir ini atas beberapa kebudayaan Indonesia mendatangkan dampak positif karena membangkitkan kecintaan masyarakat akan seni dan budaya peninggalan leluhur dan memperjuangkannya untuk diakui sebagai warisan budaya bangsa dan meningkatkan pengenalan dunia akan budaya Indonesia yang indah dan tak ternilai.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami