Penyelundupan Emas Rp2,4 Miliar Terbongkar

Nasional / 30 October 2009

Kalangan Sendiri

Penyelundupan Emas Rp2,4 Miliar Terbongkar

Lestari99 Official Writer
3089

Usaha penyelundupan emas senilai Rp2,4 miliar berhasil digagalkan oleh aparat Bea dan Cukai Provinsi Sulawesi Selatan. Berawal dari WA, seorang penumpang Air Asia bernomor penerbangan AK-586 yang terbang dari Kuala Lumpur - Malaysia. WA yang rencananya hanya transit di Makassar ini kemudian mengoperkan tasnya kepada YA saat mereka berpapasan. YA sendiri adalah penumpang Lion Air dengan tujuan Jakarta. YA bermaksud membawa emas ini ke pulau Jawa.

Aksi tersebut tidak berhasil mengelabui petugas dan ketika tas jinjing tersebut diperiksa oleh petugas, di dalam tas tersebut ditemukan 18 gulungan kertas koran yang berisikan perhiasan sebanyak 503 pieces, ada yang berupa gelang besar 223 pieces, gelang kecil 91 pieces, kalung 10 pieces dan liontin 10 pieces. Perhiasan tersebut berat totalnya mencapai 9,3128 kilogram dan pabean memperkirakan perhiasan tersebut bernilai US$241.270,12 atau sekitar Rp2,4 miliar.

Hasil kerja aparat Bea dan Cukai ini patut diacungi jempol. Karena dapat dibayangkan berapa banyak negara akan dirugikan bila perhiasan ini berhasil lolos tanpa terkena bea masuk. Dan bisa dipastikan sebenarnya banyak aksi serupa lainnya yang lolos dari pengawasan aparat karena kelicinan aksi dari para pelakunya.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami