Memilih dan Menggunakan Kartu Kredit

Investment / 30 October 2009

Kalangan Sendiri

Memilih dan Menggunakan Kartu Kredit

agnes.faith Official Writer
2215

Sampai saat ini uang memang masih menjadi alat pembayaran yang sah, namun demi efektifitas dan alasan keamanan belakangan ini banyak sekali institusi perbankan yang menawarkan beragam bentuk kartu pengganti uang. Sehingga kapan dan kemanapun Anda pergi tidak perlu lagi repot dan khawatir akan pembayaran yang hendak Anda lakukan.

Kartu debit (atau yang lebih akrab dikenal dengan ATM) dan kartu kredit adalah beberapa layangan kartu yang populer. Hampir setiap orang memilikinya. Biasanya seseorang akan mulai dengan serius mempertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit pada saat mereka telah memiliki pendapatan tetap. Oleh sebab itu banyak sekali program promosi kartu kredit yang menyasar ke pegawai baru.

Seperti program-program promosi lainnya, kartu kredit juga datang dengan iming-iming dan janji-janji surga, dan bagi pemula yang belum memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam menggunakan kartu kredit, hal ini bisa menjerumuskan mereka untuk terjebak pada tagihan yang selangit.

Ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum memilih kartu kredit. Pertama, sesuaikan jenis kartu kredit dengan hobi dan kesenangan Anda. Kartu kredit memiliki program kerjasama diskon dengan banyak merchand seperti gerai makanan, department store, electronic shop, bioskop dan lainnya. Promo diskon kartu kredit yang sesuai dengan hobi dan kesenangan Anda akan sangat membantu Anda mendapatkan potongan harga, sehingga Anda masih akan mendapatkan sisa dari budget yang Anda telah alokasikan untuk dibelanjakan.

Penting juga bagi Anda untuk menyesuaikan limit kartu kredit dengan kemampuan financial dan penghasilan Anda. Untuk pemula dengan nett income standar disarankan untuk mengambil limit minimum. Ini akan sangat membantu Anda juga dalam melunasi tagihan-tagihan kartu.

Selanjutnya, Anda tetap harus mengontrol budgeting Anda. Keberadaan kartu kredit adalah untuk membantu Anda mengatur pengeluaran bulanan secara lebih terencana, bukan untuk digunakan berfoya-foya dan menyiksa Anda di bulan-bulan berikutnya. Tetapkan pengeluaran bulanan secara cermat, dan atur mana yang harus Anda bayar secara tunai menggunakan kartu kredit.

Sumber : Nando Tampubolon
Halaman :
1

Ikuti Kami