Penyanyi keroncong Asal Inggris

Nasional / 29 October 2009

Kalangan Sendiri

Penyanyi keroncong Asal Inggris

agnes.faith Official Writer
3257

Joanna Dudley seorang Wanita Inggris mengenakan Kimono dari Jepang, tampil di pembukaan The Asia Pacific Weeks 2009 di Konzerthaus, Berlin, Jerman, pada Rabu kemarin. Jangan kaget bila ia dapat bersenandung lagu  "Di Bawah Sinar Bulan Purnama". Ya lagu itu adalah salah satu lagu keroncong asal Indonesia.

Ternyata sejak pertama kali mendengar lagu yang biasa dinyanyikan oleh Waldjinah ini, Joanna langsung terpesona. Ia sangat ingin mempelajarari kebudayaan melayu yang saat ini sudah tidak terlalu dipedulikan orang.

Karena ketertarikannya ini, Joanna pun tak segan-segan menghubungi sang maestro, Wadjinah. Akhirnya sejak tahun 2005 hingga sekarang ia rela untuk bolak-balik Solo, Jerman dan Australia untuk berguru pada Waldjinah.

"Sudah 4,5 tahun ini saya belajar. Bagi saya, Waldjinah bukan cuma guru, tetapi seorang master. Ia mengajari saya menjiwai lagu, memahami dan menyelami maknanya, kemudian menyanyikannya dengan lafal bahasa Indonesia yang benar. Tentu saja masih banyak kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan. Saya belum akan berhenti belajar," katanya Joanna seperti yang dikutip dari Kompas.

Karena keuletannya dalam berlatih, ia mampu menyanyikan lagu keroncong dengan baik walaupun ada sedikit kesalahan kata-kata. Ia juga pernah tampil di hadapan Gesang dengan menyanyikan Bengawan Solo pada saat ulang tahun Gesang yang ke-90.

Ia akan terus belajar untuk mengembangkan ilmunya dalam musik dan kesenian. Walaupun ia sudah mahir dalam kesenian, ia tidak pernah pelit untuk membagikan ilmunya pada mereka yang ingin belajar. Niatnya ini dituangkan dengan cara ia mengajar berbagai disiplin seni murni, berbagai aliran tari, musik, dan pertunjukan teater di akademi seni di Sierre, Swiss; akademi seni di Berlin, Jerman; dan di The Centre for Performing Arts TAFE and Elder Conservatorium di Universitas Adelaide, Australia.

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami