Mengentaskan Kemiskinan Dengan Keuangan Mikro

Internasional / 29 October 2009

Kalangan Sendiri

Mengentaskan Kemiskinan Dengan Keuangan Mikro

agnes.faith Official Writer
3456

Peter Greer, seorang rekan penulis buku The Poor Will Be Glad mengatakan bahwa bila kita hanya memberikan makanan untuk hari ini, maka mereka akan lapar lagi. Bila kita memberikan pakaian untuk hari ini, maka mereka akan kedinginan lagi. Maka dari itu mereka percaya dengan adanya bantuan kemanusiaan. Namun ternyata hal itu juga akan cepat habis dan itu hanya untuk sementara.

Greer yang juga merupakan pimpinan dari microfinance dari HOPE international mendorong orang Kristen untuk peduli pada pengentasan kemiskinan dengan membuat sumbangan dalam keuangan mikro.

Mengutip dari Alkitab, Greer menunjukkan interpretasi keuangan mikro. Pada awalnya Adam dan Hawa bekerja di Taman Eden. Pada perjanjian lama, Rut dan Boas memberikan kesempatan untuk orang bekerja. Dikatakan juga di Alkitab bahwa bila seseorang tidak bekerja maka ia tidak akan makan.

Ada juga perumpamaan tentang talenta dalam Lukas 19 yang mengatakan bahwa tuan dari 3 orang itu memberikan masing-masing talenta menurut porsinya dan meminta mereka untuk mengelolanya dan kemudian menerima hasil.

Hal yang paling berarti adalah bukan pada saat kita membantu mereka dengan makanan dan pakaian dalam waktu jangka panjang, tetapi membantu mereka menggunakan kemampuan yang diberikan Tuhan untuk bekerja dan untuk mengurus kebutuhan mereja sendiri.

Bantuan kemanusiaan hanya akan membuat mereka merasa tergantung, tapi keuangan mikro akan membuat setiap individu merasa dihargai dengan kemampuan yang mereka punya.

Saat ini, sebagian besar sumbangan untuk bencana hanya disalurkan ke bantuan pemulihan, tetapi isu yang lebih dalam tentang kemiskinan yang seharusnya berkelanjutan sering diabaikan.

Dengan keuangan mikro, uang Anda tidak akan hilang, pinjaman tersebut dibayar kembali kepada Anda sehingga uang Anda masih "bekerja" membantu keluarga lain yang membutuhkan.

HOPE International saat ini memiliki $22 juta pinjaman keluar yang membantu lebih dari 200.000 pengusaha miskin di Eropa Timur, Afrika, Asia dan Amerika Latin. Dari semuanya itu ada 99 persen tingkat pengembalian.

Sumber : christianpost.com
Halaman :
1

Ikuti Kami