Ilmuwan Indonesia Sebagai Aset Bangsa

Nasional / 27 October 2009

Kalangan Sendiri

Ilmuwan Indonesia Sebagai Aset Bangsa

Tammy Official Writer
2709
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki banyak potensi. Jika soal kuantitas, tak diragukan lagi Indonesia memang besar alias besar jumlah penduduknya. Tapi bagaimana dengan kualitas? Faktanya, masih lebih banyak anak bangsa yang berkesempatan mengecap bangku pendidikan tinggi. Dan masih sedikit yang bahkan dapat mengenyam ilmu bahkan hingga menjadi professor di luar negeri.

Ilmuwan-ilmuwan yang berada di luar negeri itulah yang juga sebenarnya adalah aset-aset bangsa. Karena itu, para ilmuwan tersebut perlu diberdayakan untuk kepentingan bangsa. Oleh karena itu terbentuklah Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4). "Dengan melihat banyaknya ilmuwan sukses di luar negeri serta potensi mahasiswa di luar negeri yang sudah mencapai 50.000, tampaknya penting untuk diorganisasi dan diberdayakan untuk kepentingan bangsa," kata Arif Satria, Wakil Ketua I-4.

Misi dari pembentukan I-4 ini sendiri adalah untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar-ilmuwan di luar negeri dengan ilmuwan di dalam negeri, juga dengan pihak pemerintah, swasta, ataupun masyarakat. Selain itu juga, untuk meningkatkan kompetensi ilmuwan Indonesia di luar negeri guna mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Selain itu I-4 bertujuan juga memperkuat kualitas SDM di Indonesia melalui proses alih IPTEK yang disesuaikan dengan identitas dan kultur bangsa. Selain itu, I-4 dijadikan wadah komunikasi dan informasi hasil-hasil riset terkini di dunia yang dapat dijadikan referensi bagi peningkatan kompetensi riset nasional.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami