Pilot Sibuk Dengan Laptop, Bandaranya Kelewatan Deh...

Nasional / 27 October 2009

Kalangan Sendiri

Pilot Sibuk Dengan Laptop, Bandaranya Kelewatan Deh...

Puji Astuti Official Writer
2853

Jika supir dilarang untuk menggunakan handphone saat mengendarai mobil, seorang pilot sekalipun pesawat ada fasilitas autopilot-nya harusnya tidak sibuk sendiri dengan kegiatan lain, selain menerbangkan pesawatnya. Tapi itulah yang terjadi pada pesawat Northwest jetliner Airbus A320, yang merupakan grup dari Delta Air Lines. Saat di ketinggian 37.000 kaki di atas Denver, Colorado, Amerika Serikat yang pilotnya sibuk dengan laptopnya sendiri.

Pilot Timothy B. Cheney (53)  dan Co-pilot Richard I Cole (54) keduanya sibuk dengan laptop pribadinya sehingga tidak memperhatikan komunikasi radio dari menara kontrol.

"Menggunakan laptop atau melakukan aktifitas lain yang tidak ada hubungannya dengan aktifitas seorang pilot di pesawat selama penerbangan adalah sebuah pelanggaran terhadap aturan penerbangan dan karena pelanggaran ini bisa berakibat pemecatan,"demikian pernyataan dari Delta Air Lines.

Karena sibuk sendiri, pilot kaget karena setelah sadar pesawat telah melewati bandara dimana mereka harusnya mendarat. Pesawat tersebut sempat kehilangan kontak dengan menara selama 78 menit hingga akhirnya terhubung kembali dan mendarat.

Begitu sampai di bandara, pilot dan staf kopit diperiksa secara intensif terkait dengan pelanggaran yang ada. Sedangkan untuk para penumpang, menurut juru bicara perusahaan tersebut masing-masing akan menerima voucher penerbangan senilai $ 500 sebagai permintaan maaf atas insiden yang terjadi.

Sumber : CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami