Perancis, Wanita Muslim Dilarang Gunakan Burqa

Nasional / 26 October 2009

Kalangan Sendiri

Perancis, Wanita Muslim Dilarang Gunakan Burqa

Puji Astuti Official Writer
3073

Perancis tidak memperbolehkan wanita muslim di negaranya untuk mengenakan burqa, hal ini dinyatakan oleh Kementerian Imigrasi Perancis.

"Bagi saya, tidak ada burqa di jalanan," demikian ucap Eric Besson pada tayangan LCI Televisi menanggapi bagaimana busana itu dipakai di Afganistan. Namun dirinya tidak menyatakan langsung untuk pelarangan, menurutnya keputusan itu ditangan para pembuat hukum.

Menurutnya burqa bertolak belakang dengan nilai-nilai nasional negara Perancis. Eric mengatakan burqa adalah sebuah penghinaan bagi hak asazi perempuan karena perancis berkomitmen untuk menjunjung tinggi kesetaraan hak.

Presiden Nicolas Sarkozy memiliki pendapat yang serupa dengan Eric. Menurut Presiden Sakozy, burqa memenjarakan wanita dan tidak bisa diterima di Perancis. Parlemen Perancis saat ini sedang melakukan dengar pendapat selama enam bulan untuk meletakkan dasar bagi undang-undang yang melarang perempuan muslim menggunakan busana yang menutupi kepala hingga jari kaki, didalamnya termasuk penggunaan cadar di tempat umum.

Sumber : MSNBC
Halaman :
1

Ikuti Kami