Jantung Sehat Ditentukan Paha

Info Sehat / 26 October 2009

Kalangan Sendiri

Jantung Sehat Ditentukan Paha

agnes.faith Official Writer
7394

Mungkin Anda merasa malu atau minder karena berpaha besar. Namun tahukah Anda bahwa orang yang berpaha besar lebih kecil kemungkinan untuk menderita penyakit jantung?

Dalam penelitian dalam British Medical Journal sangat jelas disebutkan, orang yang lingkar pahanya lebih dari 60 cm risiko terkena serangan jantungnya lebih kecil. Survei dilakukan terhadap 3.000 orang pria dan wanita. Selama 10 tahun riwayat kesehatan para responden ini dipantau. Mereka juga diukur tinggi badan, berat, ukuran paha, pinggang, dan pinggul untuk mengetahui persentasi lemak tubuhnya.

Hasilnya adalah mereka yang punya paha kecil (kurang dari 55 cm) punya risiko dua kali lebih besar mengalami kematian akibat masalah kesehatan serius. 

"Naiknya risiko juga bergantung pada kegemukan, gaya hidup, dan faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi. Tapi kami juga menemukan bahwa risikonya lebih tinggi pada orang yang pahanya kecil," kata ketua peneliti, Profesor Berit Heitmann, dari Copenhagen University Hospital.

Sumber : sadur dari kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami