Steven Curtis Chapman

A to Z Biography / 26 October 2009

Kalangan Sendiri

Steven Curtis Chapman

Lestari99 Official Writer
3946

\"\"Dengan gaya musik antara tahun 70-an, style light rock dan orchestrated pop, Steven Curtis Chapman telah menjadi salah satu artis kristen yang paling menonjol dari kancah musik Kristen Kontemporer sejak era 80-an. Lahir dan dibesarkan di Paducah, KY, Chapman belajar memainkan berbagai alat musik sambil nongkrong di toko musik ayahnya, dan ia sangat lihai untuk memainkan piano dan gitar.

Sebagai seorang pemuda, Chapman terdaftar sebagai calon mahasiswa di Anderson College, Indiana. Namun ia segera memutuskan untuk mengejar karir musiknya dan meninggalkan kuliahnya untuk kemudian pergi ke Nashville, di mana ia mulai bekerja di sebuah pertunjukan musik di Opryland USA. Di waktu senggangnya Chapman sibuk menulis lagu, sebuah keahlian yang ia pelajari dari ayahnya. Salah satu lagu Chapman direkam oleh kelompok Imperials, salah satu band gospel yang menonjol, menandai awal kesuksesannya sebagai seorang penulis lagu. Banyak dari penyanyi gospel dan country yang cukup bersinar di Amerika telah merekam lagu-lagu Chapman, termasuk Sandi Patti, Billy Dean, Glen Campbell dan Roger Whittaker.

Beberapa label rekaman dan produser musik menaruh perhatian yang besar terhadap bakat Chapman dan di tahun 1987, Chapman memutuskan untuk menandatangani kerjasama dengan perusahaan musik Kristen yang cukup besar, Sparrow. Pada tahun itu Chapman mengeluarkan album pertamanya, First Hand. Single pertama yang dirilis dari album tersebut, "Weak Days", menempati posisi kedua dari chart musik Kristen kontemporer.

Album keduanya di tahun 1988, Real Life Conversations, empat lagunya tercatat mencapai hit, termasuk lagu andalannya "His Eyes" yang ditulis ulang oleh James Isaac Elliott, mendapatkan penghargaan dari Gospel Music Association (GMA) pada tahun 1989 sebagai Contemporary Recorded Song of the Year. Di \"\"tahun yang sama Chapman juga memenangkan GMA Award sebagai Best Songwriter of the Year. Dirilis pada akhir tahun yang sama, album ketiga Chapman, More To This Life, terdapat empat buah lagunya yang menjadi hits pada tahun 1990 dan secara mengejutkan membuat Chapman mendapatkan 10 nominasi dalam GMA Award (Chapman memenangkan 5 di antaranya).

Album berikutnya, For The Sake Of The Call, terdapat lima lagu dalam satu single  dan mengantarkannya mendapatkan penghargaan lain dari GMA Award dan Grammy pertamanya dalam kategori The Best Pop Gospel Album, yang semakin menguatkan posisinya sebagai raja dari musik Kristen.

Pada tahun 1992, Chapman membuat sebuah gebrakan untuk menarik khalayak ramai lebih banyak lagi melalui albumnya The Great Adventure, yang juga memenangkan Grammy dan disertai dengan versi video. Ketika Sparrow Records dibeli oleh EMI / Liberty, mereka mulai memasarkan album Chapman di toko-toko discount dan pada tahun 1993 penjualan album Chapman pun mencapai Gold.

Pada tahun 1993 dirilis juga The Live Adventure (dalam bentuk video dan CD) dan memenangkan lebih banyak GMA Award dan juga mengantarkan Chapman memperoleh penghargaan lainnya dari American Songwriter magazine, Songwriter and Artist of the Year. Chapman merilis album ketujuhnya, Heaven In The Real World, dan pada tahun 1994 memulai sebuh tur besar. Pada tahun 1996 Chapman merilis Signs Of Life, dan diikuti dengan album Speechless tiga tahun kemudian.

Meskipun album Chapman selalu mendapat sambutan yang baik terlihat dari charts Billboard CCM, pada tahun 2001, setelah merilis Declaration, Chapman benar-benar menjadi pusat perhatian karena lagu-lagunya yang masuk dalam Top 200. Pada tahun 2002 All About Love mencapai puncaknya dengan menduduki Top 15, dan album rekamannya pada tahun 2004 All Things New menembus peringkat 22. Di bulan September 2005, pada musin liburan, Chapman merilis All I Really Want for Christmas, dan pada tahun berikutnya Musical Blessing pun keluar.

Discography

\"\"Beauty Will Rise (2009)
This Moment - Cinderella Edition (2008)
This Moment - Special Edition (2007)
This Moment (2007)
All I Really Want For Christmas (2005)
The Abbey Road Sessions (2005)
The Music Of Christmas (Hallmark Exclusive) (2004)
All Things New (2004)
All About Love (2003)
Declaration (2001)
Speechless (1999)
Greatest Hits (1997)
Signs Of Life (1996)
The Music Of Christmas (1995)
Heaven In The Real World (1994)
The Live Adventure (1993)
The Great Adventure (1992)
For The Sake Of The Call (1990)
More To This Life (1989)
Real Life Conversation (1988)
First Hand (1987)
Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami