2012, Satelit Mahasiswa Indonesia Diluncurkan

Nasional / 25 October 2009

Kalangan Sendiri

2012, Satelit Mahasiswa Indonesia Diluncurkan

Tammy Official Writer
3269
Memang sudah saatnya Indonesia mandiri di segala bidang, jika sebelumnya untuk satelit Palapa yang teknologinya dibuat di luar negeri, tahun 2012 mendatang satelit asli buatan mahasiswa Indonesia akan diluncurkan.

Satelit mini atau nano-satelit ini sudah menjadi pembahasan antar-mahasiswa UGM, ITB, ITS, UI, dan PENS ITS serta mahasiswa Indonesia di luar negeri. Oleh sebab itu, dimulai dari tahun 2009 ini sudah dilakukan serangkaian pertemuan dengan mahasiswa dari berbagai kampus, ungkap peneliti asal Indonesia di TU Delft Belanda, Dedy H.B. Wicaksono, Ph. D.

Menurutnya, satelit yang besar seperti satelit Palapa itu membutuhkan dana yang mahal hingga ratusan milyar bahkan juga trilyunan rupiah, tetapi nano-satelit hanya berkisar Rp 5 milyar dan satelit mini akan bertahan selama kurun waktu sekitar tiga tahun.

Senada dengan itu, Sekretaris Menkominfo, Dr. Eng. Son Kuswadi mengatakan dana pembuatan nano-satelit memang hanya 5 milyar rupiah dan bila dimulai dengan pertemuan, penelitian, hingga akhirnya peluncuran nano-satelit, maka akan dibutuhkan dana sekitar Rp 10 milyar.

Sukses dengan karya ilmiah yang dilakukan oleh gabungan masyarakat terdidik Indonesia... Jika konsistensi dilakukan oleh masyarakatnya, tak heran Indonesia akan menjadi masyarakat yang semakin mandiri di bidangnya.

Sumber : antara.co.id/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami