Lokasi Strategis = Lokasi Sesuai

Career / 25 October 2009

Kalangan Sendiri

Lokasi Strategis = Lokasi Sesuai

agnes.faith Official Writer
2203

Selain toko, ruko, stan, mengapa tidak kios, kaki lima, pinggir jalan atau rumah saja? Justru tempat-tempat seperti itulah yang banyak menjadi pilihan calon pengusaha yang tidak mampu menjangkau lokasi strategis mahal. Kendati tergolong pengusaha kelas non buku, jangan dulu lantas dipandang enteng. Ternyata tidak sedikit pelaku usaha yang bermula dari situ menjelma menjadi pengusaha besar.

Bukanlah cukup banyak pelaku bisnis sukses yang dulunya juga mengalami terbentur kegagalan mendapatkan lokasi bisnis mahal kini menertawakan diri sendiri. Tidak punya cukup modal buat menjangkau harga sebuah tempat usaha, jangan menjadi mundur. Jangan takut menghadapi lokasi strategis. Utamanya bagi calon pengusaha yang bermodal sangat terbatas, masih banyak jalan menuju pelabuhan yang bernama sukses.

Ada beberapa kiat usaha yang dibuakan dari banyak pengalaman pelaku usaha yang sudah eksis dan bisa membuat kita kembali bangkit. Ternyata didukung oleh hasil pengamatan beberapa pakar bisnis kecil dan menengah. Mereka setuju tentang lokasi yang strategis dan mahal bukan satu-satunya faktir penentu bagi pebisnis pemula.

Istilah yang benar adalah "lokasi yang sesuai". Sesuai dengan usaha yang disasar masing-masing calon pelakunya. Di masyarakat barat sendiri ternyata banyak orang yang sebenarnya berduit, tapi memulai usahanya hanya secara kecil-kecilan saja. Logikanya untuk membangun bisnis raksasa seyogyanya diawali dengan usaha kecil yang berhasil. Itulah mengapa sebab sebagian besar perusahaan di Amerika memulai dari kecil untuk membangun kerajaan bisnis mereka.

Lokasi sesuai tidak harus mahal. Juga tidak senantiasa berada di pusat keramaian kembali kepada istilah lokasi yang sesuai dengan jenis usaha masing-masing calon pemilik usaha, maka biaya mahal untuk menyewa stan, took maupun ruko bisa diakali. Daripada pusing ikut berebut lokasi strategis yang ternyata sering luput dari perhitungan, lebih baik mencari tempat usaha alternatif yang sudah banyak dilakukan orang sebelumnya.

Sumber : Semua Orang Bisa Jadi Pengusaha - Sasmito
Halaman :
1

Ikuti Kami