Solusi Mencapai Tidur Berkualitas

Solusi Sehat / 25 October 2009

Kalangan Sendiri

Solusi Mencapai Tidur Berkualitas

Lestari99 Official Writer
3906

\"\"Apakah Anda mengalami gangguan tidak dapat tidur di malam hari? Orang sering menyebutnya sebagai insomnia. Insomnia atau gangguan tidur sebenarnya bukan hanya sekedar kondisi sulit tidur, tapi juga seluruh gangguan yang dialami saat tidur seperti sering terjaga saat tidur, sulit memulai tidur, juga tidak bisa mencapai kualitas tidur yang normal. Apakah penyebab insomnia dan bagaimana solusinya?

Wanita ditenggarai lebih banyak menderita insomnia bila dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan wanita memiliki segudang aktivitas yang harus dilakukan, dari mengurus anak, bekerja, melanjutkan kuliah, melayani suami dan masih banyak peran lainnya. Semua itu membuat wanita memiliki lebih banyak tekanan di bawah alam bawah sadarnya. Tak heran meskipun sudah membaringkan diri di atas kasur yang empuk, mata tak jua dapat terpejam.

Minum obat tidur bukanlah solusi tepat bagi para penderita insomnia. Hal ini dikarenakan obat tidur tidak dapat menghasilkan tidur yang sehat dan berkualitas meskipun sanggup membuat mata Anda terpejam. Jadi sebelum Anda mengkonsumsi obat tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan:

1. Kenali Penyebab Stres

Saat sedang ditimpa stres, seseorang cenderung tak dapat berhenti berpikir dan mencari solusi atas masalahnya. Pikiran Anda sepertinya tak dapat dikendalikan untuk berhenti berpikir dan tenang sejenak. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda mengambil kertas dan menuliskan semua beban dan kegelisahan yang sedang Anda rasakan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menentukan langkah selanjutnya dan mengatasi masalah Anda satu persatu. Saat pikiran sudah plong, biasanya tidur tidak lagi menjadi masalah.

2. Berolahraga Secara Rutin

Tak ada yang dapat menyangkal bahwa berolahraga secara teratur sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, ketika tubuh Anda lelah sehabis berolahraga, kantuk pun lebih mudah datang.

3. Hindari Kafein

Hindari minum minuman yang mengandung kafein di siang hari, seperti kopi, minuman bersoda dan juga teh. Kafein terbukti dapat membuat orang terjaga di malam hari.

4. Tidur ketika Lelah Mendera

Ketika Anda tidak bisa tidur, jangan hanya berdiam diri dengan memikirkan bagaimana caranya agar Anda dapat tertidur. Lakukan aktivitas yang sekiranya dapat memancing kantuk Anda seperti membaca buku, mendengarkan musik atau menonton televisi. Ketika tubuh Anda sudah rileks dan siap untuk tidur, segeralah naik ke atas tempat tidur.

5. Relaksasi

Buatlah tubuh Anda serileks mungkin agar dapat tidur. Bayangkan diri Anda sedang berada di sebuah tempat yang paling Anda sukai dan sudah lama Anda impikan. Biarkan seluruh otot Anda dari kaki hingga kepala menjadi rileks dan tanpa Anda sadari Anda sudah tertidur lelap.

6. Melatonin

Salah satu obat tidur alami adalah hormon melatonin. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda bila Anda ingin mengkonsumsinya.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami