Tammy

Official Writer
2370


Pada 22 April lalu dunia merayakan Hari Bumi, maka di hari ini pada tanggal 24 Oktober 2009 dunia pun memperingati Hari Perubahan Iklim atau Climate Change Day. Hari Perubahan Iklim adalah teguran bagi warga dunia mengingat iklim di masa sekarang sudah jauh berubah dari beberapa dekade sebelumnya.

Mungkin masih sedikit yang menyadari apa penyebab perubahan iklim ini dan juga apa akibat-akibatnya, oleh sebab itu sudah banyak sekali sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga hijau yang memiliki perhatian terhadap masalah ini.

Perubahan iklim terjadi karena memanasnya permukaan bumi akibat efek rumah kaca yang berlebihan. Efek rumah kaca adalah fenomena semacam "selimut" atmosfer yang terbuat dari gas-gas rumah kaca yang membuat bumi ini hangat. Jika tidak ada efek rumah kaca, maka bumi akan dingin sekali, sedingin bulan yang tak ada atmosfernya. Industrialisasi menyebabkan emisi gas-gas ini menjadi makin banyak, dan dengan demikian konsentrasinya di atmosfer menjadi semakin tebal. Semakin tebal selimut atmosfer ini, semakin panas pula bumi. Jika memanasnya bumi ini melebihi tingkat aman, maka akan terjadi perubahan iklim. Gas rumah kaca terbanyak saat ini adalah karbon dioksida.

Dampaknya, kandungan karbondioksida yang tinggi juga akan menyebabkan pengasaman air laut, mengecilnya tutupan salju, mencairnya es di kutub, meningkatnya gelombang panas dan hujan deras, serta semakin intensifnya badai. Produktivitas produksi pangan di dataran rendah dan tropis akan berkurang. Wilayah pesisir akan terancam oleh perubahan iklim. Kenaikan suhu permukaan laut 1-3 derajat C menyebabkan makin banyaknya pemucatan dan kematian karang (coral bleaching). Banyak penduduk pesisir harus mengungsi karena banjir yang lebih sering terjadi dan naiknya permukaan laut. Daerah-daerah mega-delta seperti Bangladesh, atau pulau-pulau kecil seperti Tuvalu, Samoa, dan Maldives akan terancam.

Climate Change DayDengan adanya permasalahan dunia ini, apakah yang bisa kita lakukan sebagai bagian dari warga dunia? Hal-hal kecil pun sebenarnya berpengaruh. Faktanya dunia memproduksi karbondioksida hingga 390 PPM dimana tingkat angka yang aman adalah 350 PPM. Angka 350 inilah yang disosialisasikan oleh lembaga non-profit internasional 350. Untuk mempelajari tips-tips sehari-hari untuk mengurangi reduksi karbondioksida bagi alam kita, Anda bisa mempelajarinya di 350.org.

Sayangilah bumi kita, semakin tingkatkan awareness Anda pada permasalahan bumi ini. Karena kita diberi tugas oleh Sang Pencipta untuk mengelola bumi ini sebagaimana dikatakan dalam kitab Kejadian kepada Adam dan Hawa.


Sumber : berbagaisumber/Tmy


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra Mei 2


7259

Banner Mitra April Week 3