Ngetem Sembarangan, Angkot Ditilang

Nasional / 23 October 2009

Kalangan Sendiri

Ngetem Sembarangan, Angkot Ditilang

Lestari99 Official Writer
2735

Pihak berwenang sepertinya mulai jengah dengan segala bentuk ketidakdisiplinan para pengguna jalan. Petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan bergandengan tangan dengan Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Selatan merazia angkutan umum dan angkutan barang yang parkir dan berhenti sembarangan di sepanjang jalan kawasan Jakarta Selatan, pada hari Jumat (23/10).

Penertiban dilakukan karena angkutan umum yang parkir atau ngetem sembarangan dapat mengganggu kelancaran lalu lintas jalan. Kendaraan yang paling banyak terkena razia ada di daerah Jalan Fatmawati dan Jalan Sudirman. Berdasarkan pengamatan, puluhan angkutan melakukan aksi parkir liar dan ngetem sembarangan di beberapa kawasan seperti di depan Ambasador, di depan Kampus Atmajaya dan Pasar Rumput Manggarai. Sementara untuk motor dan mobil pribadi, aksi parkir sembarangan juga tampak di kawasan Sudirman, Setia Budi, bahkan di jalan Brawijaya II depan Polres pun tidak kalah parah.

Kalau saja razia ini dilakukan secara konsisten setiap hari, dipastikan dapat menimbulkan efek jera bagi para pengguna jalan yang tidak disiplin. Sayangnya, ketidakkonsistenan aparat ditenggarai menjadi penyebab ketidakdisiplinan para pengguna jalan. Di hari-hari biasa, pelanggaran yang terjadi seringkali tidak ditindak tegas sebagaimana ketika razia sedang berlangsung. Kesadaran pribadi juga menjadi kunci disiplin dalam berlalu lintas. Bayangkan betapa nyamannya jalanan Jakarta yang saat ini sudah cukup ruwet jika setiap pengguna jalan memiliki disiplin tinggi dalam berkendara.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami