7 Karakter Yang Efektif

Career / 23 October 2009

Kalangan Sendiri

7 Karakter Yang Efektif

agnes.faith Official Writer
3293

Character. Watak, hal-hal yang menyangkut sikap, sopan-santun, cara mengendalikan emosi dll. Rumuskan karakter yang tepat untuk orang yang akan Anda rekrut. Posisi bagian keuangan dengan posisi bagian pemasaran karakternya bisa berbeda.

Capability, kemampuan nalar, kecerdasan, cara berpikir analitis dan sistematis. Sekolah formal telah mengajarkan kemampuan ini. Nilai ijazah sudah cukup mencerminkan kapabilitas seseorang.

Capacity, kemampuan menangani masalah, menyelesaikan masalah/konflik, menghadapi beban kerja yang tinggi/stres, membuat prioritas. Kalau kapabilitas berkaitan dengan kemampuan otak kiri, maka kapasitas berkaitan dengan kemampuan otak kanan. Tidak semua orang yang nilai ijazahnya bagus secara otomatis memiliki kemampuan menangani tugas dan permasalahannya dengan baik. Untuk mengetahui kapasitas seseorang pada saat wawancara, tanyakanlah pengalaman organisasi, pengalaman menangani konflik dengan keluarga atau pihak lain dalam organisasi.

Credibility, kredibilitas, sikap dapat dipercaya, bisa mengemban tugas yang telah diperintahkan dengan baik. Orang yang kredibel adalah orang yang selalu berusaha sekuat tenaga menyelesaikan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Kredibel tidak hanya sekedar jujur, tapi dapat membawa amanat. Misalkan karyawan Anda disuruh bertemu dengan seorang customer, kemudian di tengah jalan dan ia balik lagi ke kantor dan melapor tidak jadi ke customer Karena hujan. Karyawan tersebut jujur tapi kurang kredibel.

Commitment, kesungguhan menyelesaikan tugas, keinginan untuk memajukan perusahaan. Komitmen seseorang dapat dilihat ketika perusahaan mengalami masalah. Tatkala masalah melanda perusahaan, karyawan berusaha menyelamatkan diri masing-masing, sedangkan yang memiliki komitmen memajukan perusahaan akan berusaha berperan menyelesaikan masalah perusahaan. Dalam wawancara dengan calon karyawan, Anda bisa menggali informasi calon karyawan tentang masa lalunya. Cerita tentang persahabatan dan lain-lain sebagai cermin bagaimana calon karyawan memegang komitmen.

Creativity, kreatif dalam menyelesaikan tugas sehingga lebih efisien dan efektif. Untuk mengetahui kreativitas seseorang bisa dilihat dari hasil karyanya di sekolah atau ketika bekerja di tempat lain.

Compability. Kompatibilitas adalah sikap kooperatif, mampu bekerja sama dalam tim dan tidak ego. Kita membutuhkan karyawan yang pintar, bisa menangani masalah, kredibel, kreatif punya komitmen memajukan perusahaan, tapi buat apa kalau orang tersebut tidak bisa bekerja sama dengan karyawan lainnya? Jika dalam wawancara dengan calon karyawan, ditemukan cerita bahwa karyawan tersebut mudah pindah kerja karena konflik dengan atasan atau rekan kerja, berhati-hatilah.

Sumber : Bisnis Sambilan, Langkah Awal Menjadi Entrepreneur Sukses - Bambang Suharno
Halaman :
1

Ikuti Kami