5 Langkah Mendapatkan Pekerjaan

Investment / 23 October 2009

Kalangan Sendiri

5 Langkah Mendapatkan Pekerjaan

Lestari99 Official Writer
2993

Mengikuti interview kerja adalah proses yang sangat menakutkan, khususnya jika Anda hanya memiliki sedikit pengalaman atau bahkan belum memiliki pengalaman sama sekali. Sangatlah penting untuk mempersiapkan diri secara ekstensif saat mengikuti interview di perusahaan yang Anda datangi, dan ikuti lima kunci berikut ini:

1. Kumpulkan Keterangan

Persiapan mungkin merupakan bagian terpenting dari proses interview Anda. Luangkan waktu setidaknya selama beberapa jam untuk mencari keterangan mengenai perusahaan yang akan Anda datangi sebelum Anda melakukan hal lainnya.

Bawa salinan CV Anda selama interview, dan simpan dengan gaya yang eksekutif, ukuran kertas A4 dengan pegangan berwarna hitam.

2. Tiba Lebih Cepat

Yang paling penting untuk dinilai benar ataupun salah adalah masalah waktu. Tiba lima menit lebih lambat saja, dapat membuat Anda kehilangan pekerjaan yang Anda inginkan dengan mudah.

Jangan pernah mengambil resiko saat menghadapi interview. Tibalah lebih cepat, dan jika Anda masih memiliki waktu sebelum interview dimulai, tenangkan pikiran Anda di warung kopi terdekat. Datangi meja resepsionis sepuluh hingga lima belas menit sebelum waktu interview yang ditetapkan dan secara sopan sampaikan bahwa Anda telah tiba. Tunjukkan rasa percaya diri dan tetaplah tersenyum. Bersikap baik terhadap resepsionis berguna, karena terkadang pewawancara menanyakan pendapat mereka mengenai Anda.

3. Mengucapkan Salam

Ketika Anda bertemu dengan pewawancara dan melihat mereka berdiri, tersenyumlah, ulurkan tangan Anda dan sapa mereka dengan mengucapkan nama jika Anda telah mengetahuinya.

4. Percaya Diri dan Ramah

TIP: Saat wawancara mulai berlansung, calon pelamar biasanya gelisah dan cenderung berbicara terlalu cepat. Bicaralah pelan-pelan, pikirkan jawaban Anda dan cobalah untuk menanggapi setiap pertanyaan dengan baik.

5. Ajukan Pertanyan yang Relevan

Pastikan Anda memiliki cukup informasi tentang perusahaan tersebut dan ajukan pertanyaan menarik mengenai masa depan perusahaan. Lakukan sedikit riset, dan tunjukkan bahwa Anda mengetahui informasi mengenai perusahaan yang akan membedakan Anda dari para pelamar lainnya. Jika pewawancara menanyakan apakah Anda memiliki pertanyaan, ajukan sebuah pertanyaan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

JANGAN PERNAH mengajukan pertanyaan mengenai masalah gaji atau fasilitas saat interview karena akan memberikan kesan yang sangat buruk kepada si pewawancara. Perusahaan biasanya mencari orang yang penuh antusias, memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut apapun keadaannya dan bukannya seseorang yang hanya tertarik dengan uang.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami